Empat Calon Kuat Walikota Bukittinggi Bertarung

- Senin, 16 Februari 2015 | 19:53 WIB

Menurutnya, ketegangan politik yang terjadi saat ini, disebabkan tiga faktor. Pertama persoalan “ta­war-menawar” koalisi antar­parpol yang ada di DPRD. Kedua, persoalan ta­war-mena­war kolaisi ini ber­korelasi dengan masalah figur yang bakal diusung.  Faktor ketiga, masalah kemam­puan pendanaan calon. “Saat ini tidak semua  calon didu­kung oleh kemampuan finan­sial, namun mendapat duku­ngan masyarakat,” kata M Nur Idris.

Empat Calon Kuat

Saat ini ada empat figur bakal calon yang jadi per­hitungan dan dinilai memiliki dukungan cukup kuat di te­ngah masyarakat, yakni inkam­ben Ismet Amziz, Harma Zal­di, H Trismon dan Ramlan Nurmatias. Dari ke­empat ca­lon ini, ada dua masalah besar, pertama, tidak semua mereka memiliki ke­mampuan pen­danaan yang kuat . Ke­dua, masalah partai apa yang men­dukung siapa.

“Ramlan Nurmatias meru­pakan salah seorang calon kuat dan memiliki kemampuan pendanaan kuat. Namun sam­pai sekarang beliau belum men­­dapatkan partai pengu­sung,” ungkap M Nur Idris. Hal ini sangat riskan bagi seorang figur seperti Ramlan, sebab dikha­watirkan bisa tidak menda­patkan partai pengu­sung. Se­mentara di satu pihak, saat ini partai-partai “berpacu” dalam berkoalisi,” tuturnya.

Sementara inkamben Is­met Amziz saat ini menjadi calon kuat. Dukungan masya­rakat kembali mengarah kepa­danya berkat ke­mam­puan ko­mu­nikasi poli­tiknya di tengah ma­syarakat yang cukup intens akhir-akhir ini. Namun di satu sisi kemampuan finansialnya terbatas, karean itu perlu par­tai kolaisi atau figure pasangan yang memiliki kemampuan pendanaan.

“Saya dengar Feby Dt. Bang­­­so Ketua DPW PKB men­­dekat ke Demokrat yang saat ini dinakhodai Ismet Am­ziz. Tetapi H Trismon dari partai Golkar juga memiliki kekuatan besar untuk ber­pasangan dengan Ismet Am­ziz,” kata M Nur Idris.

Dari empat pasang calon yang dinilai cukup kuat ini, menurut M Nur Idris, juga ditentukan oleh kalkkulasi politik yang pas. Maksudnya, jika terjadi empat calon ini maju, artinya keempat figur ini bertarung dalam pemi­lukada mendatang, ada ke­mung­kinan dua calon akan dominan, yak­ni H Trismon dan Harma Zaldi karena Ram­­lan dan Is­met Amziz dikhawatirkan ba­kal menjadi korban terpe­cah­nya dukungan  seperti penga­la­man pemilukada periode lalu.

Masalah Koalisi Serius

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Sumbar Butuh Tambahan Vaksin Covid-19

Minggu, 25 Juli 2021 | 18:40 WIB
X