Dinas Koperindag Akan Bina Koperasi Bermasalah

- Selasa, 17 Februari 2015 | 20:01 WIB

Tugas pemerintah, katanya, memang membina koperasi serupa itu, sebab koperasi itu tumbuhnya dari masyarakat, hasilnya juga untuk ma­sya­rakat. “Kalau badan usaha yang berbadan hukum itu tidak aktif, kan sayang sekali, maka­nya kita lakukan pembinaan dan men­cari solusi dari per­ma­salahan tersebut,” ujarnya.

Ada sebanyak 26 koperasi di Kota Pariaman yang tak aktif, umumnya badan usaha itu bergerak di bidang simpan pinjam. Sementara total kope­rasi yang ada hingga sekarang, sebanyak 86 koperasi.

Tahun lalu (2014) juga banyak koperasi yang berma­salah di Kota Pariaman, dian­ta­ranya masalah tersebut, ada yang tidak RAT, Pengurus yang fakum serta anggota yang ku­rang menyadari kewa­jiban­nya.

Persoalan seperti  itu jelas membuat jalan koperasi ter­pincang-pincang, akhirnya menjadi vakum. Di tahun 2014, jumlah koperasi berma­salah ada 27 koperasi,

Pembinaan koperasi ber­masalah yang akan dilakukan itu, jelas akan didahului dengan melakukan identifikasi, dari data yang diperoleh setelah identifikasi, melaju ke pem­binaan, agar lebih tepat sa­saran.

“Kita jalan dengan tim nantinya, biar lebih mantap, dan bisa mengatasi perma­salahan yang dihadapi koperasi secara baik dengan hasil akhir koperasi yang bermasalah bergerak sebagaimana layak­nya sebuah koperasi,” kata Gusniyetti Zaunit.(h/tri)

Editor: Administrator

Terkini

Baznas Agam Targetkan Zakat Rp11 Miliar Tahun 2022

Kamis, 21 Oktober 2021 | 08:16 WIB
X