Pameran Batu Akik di Suliki Termeriah

- Kamis, 19 Februari 2015 | 18:51 WIB

Bupati mengatakan, para pengrajin pengasah batu mau­pun penambang perlu diting­katkan SDMnya supaya batu akik yang dihasilkan bermutu baik. Selain itu lokasi penam­bangan tidak dilakukan seram­pangan, perlu diperhatikan ling­kungan. Artinya, pe­nam­bang batu perlu memelihara lingkungan, ulasnya.

Kepala SKPD terkait termasuk Bappeda supaya memperhatikan aktivitas ma­syarakat itu agar berkembang dengan baik, kalau perlu aju­kan Perdanya. Sehingga eko­nomi mereka juga meningkat. Tak hanya itu, modal pengrajin melalui bantuan dana hibah perlu juga direncanakan, su­paya aktivitas mereka tidak berhenti, lagipula lumuik Suliki paling identik dengan logam berdasarkan penelitian ahli geologi.

Begitu juga dengan wali­nagari serta camat agar disusun Peraturan nagari (Pernag) tentang batu akik untuk melin­dungi potensi batu akik Suliki. Para penambang batu diatur apakah sesama penambang, maupun dengan pemilik ula­yat, akhirnya mereka dapat diatur menurut semestinya. “Kita tidak menglangi usaha penambang batu dan pengrajin batu akik, tapi harus me­nem­puh jalur yang benar, agar terjaga kelestaran lokasi tam­bang, “tegasnya.

Ketua DPRD Limapuluh Kota, Syafaruddin Dt.Ban­daro Rajo berharap, supaya Pem­kab Limapuluh Kota me­ngajukan Perda tentang pe­nambangan batu akik, se­hingga penambang dan lokasi penambangan ter­lindungi. Selain itu sumbar daya alam dipelihara dan sum­ber daya manusia penambang dan pengrajin perlu ditin­g­katkan, supaya pasaran batu akik semakin luas.

Sementara itu Ketua pa­nitia pelaksana, Khairul Hapid dalam laporannya menyebut, pameran batu akik ini pertama dilaksanakan di Suliki yang disponsori Asosiasi Lumuik SulikiBatu akik Suliki itu beragam jenis yang banyak diminati penggemar batu akik di berbagai kota. “Kedepan tak hanya memproduksi batu cin­cin semata melainkan juga dalam bentuk lain untuk sou­venir bagi pengun­jung,”di­hadapan ratusan pengunjung dan tamu yang hadir. (h/zkf)

Editor: Administrator

Terkini

Tiga Nama Mencuat Jabat Sekdakab Solok Selatan

Rabu, 4 Agustus 2021 | 23:29 WIB
X