Menpan RI Kembali Ingatkan Kepala Daerah

- Jumat, 20 Februari 2015 | 19:34 WIB

“Undang-undang tentang ASN tersebut, akan didukung  regulasi tentang pengangkatan kepala SKPD. Termasuk penyeleksian kepala SKPD yang akan diang­kat,” kata Yuddy Chrisnandi dalam  ramah tamah dengan jajarang di lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang, di Aula Balaikota setempat.

Untuk pengangkatan dan peye­leksian kepala SKPD, ada bebe­rapa poin yang harus diperhatikan. Selain keterikatan calon kepala SKPD dengan instansi yang akan dipimpinnya. “Dia juga harus memiliki disiplin ilmu yang sesuai disamping memperhatikan aspek manajemen good gavernent agar mampu menghasilkan pen­dapatan daerah yang lebih optimal,” katanya.

Tidak hanya itu, sebutnya, saat ini sudah tidak saatnya birokrasi bermental priyai dan dilayani dipertahankan. Tetapi dia harus mampu melayani dan mem­per­juang­kan kepentingan masyarakat sejalan dengan program revolusi mental yang diterapkan oleh Presiden Joko Widodo yang men­fokuskan pada peningkatan pe­layanan publik.

Selain penempatan kepala SKPD, Yuddy juga menyam­pai­kan tentang masih diberlaku­kannya moratorium penerimaan Pegawai Negeri Sipil (Sipil), yang berlaku secara umum di seluruh wilayah Indonesia. Termasuk melakukan perimbangan ang­garan dari pusat dan daerah.

“Kepada daerah yang anggaran belanja pegawainya masih diatas lima puluh persen dari jumlah APBD agar  menata kembali manajemen keuangan daerahnya. Termasuk juga tidak lagi mengang­garkan biaya untuk pembangunan fisik yang bukan menfokuskan pada program ekonomi kerak­yatan,” sebutnya.

Wakil Wali Kota Padang Pan­jang, Mawardi yang di dampingi oleh Sekdako, Muswar dalam   ramah tamah itu menyampaikan beberapa hal terkait potensi  Kota Padang Panjang yang berpeluang dalam  peningkatan Pendapatan Asli Daerah.

“Sebagai kota berjulukan Se­ram­bi Mekah dengan kekayaan adat, budaya dan keindahan alam. Padang Panjang bisa memak­simalkan pendapatan asli daerah, apalagi potensi wisata islami yang dimilikinya juga  cukup menarik bagi wisatawan lokal dan manca negara,” kata Mawardi. (h /one)

Editor: Administrator

Terkini

Kapolda Sumbar Buka Diktuk Bintara Polri TA 2021

Senin, 26 Juli 2021 | 21:45 WIB
X