Dua Petahana Berebut ‘Matahari’

- Minggu, 22 Februari 2015 | 18:40 WIB

Ia menyebutkan Muzni mendaftar sebagai bakal calon kepala daerah pada Senin pekan lalu, sementara Abdul Rahman pada Senin (16/2) atau dua hari sebelum pendaftaran yang telah dibuka pada 3 Februari itu ditutup.

Muzni merupakan ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), sementara Abdul Rahman adalah ketua DPD PAN Solok Selatan. Ia menyebutkan hingga Jumat (20/2) baru dua orang yang men­daftar sebagai bakal calon kepala daerah ke DPD PAN, yakni Muzni Zakaria dan Abdul Rahman.

Ia mengatakan tim seleksi memperpanjang waktu pendaftaraan hingga akhir Februari 2015. “Kami memperpanjang waktu pendaftaran hingga akhir Februari sambil menunggu Undang-undang tentang Pilkada,” ujarnya.

Selain kader partai berlambang matahari ini, sebutnya, masyarakat umum diperbolehkan mendaftar sebagai bakal calon. “Dalam pen­jaringan kami akan melakukan fit and proper test, mulai dari visi misi, kapabilitas (kemampuan), dan rekam jejaknya. Selain itu bakal calon tersebut tidak bermasalah dengan hukum,” jelasnya.

Setelah panitia seleksi mengantongi nama-nama bakal calon, sebutnya, akan diserahkan terlebih dahulu ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sumbar. Setelah diproses di DPW, kemudian nama bakal calon kepala daerah diajukan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk menentukan siapa yang layak untuk diusung pada pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Sebelumnya, Abdul Rahman menyebutkan dirinya tetapkan mengikuti mekanisme yang telah ditetapkan oleh partai. “Saya akan tetap mengikuti mekanisme, mulai dari penjaringan, pendaftaran, dan seleksi. Sehingga jika terpilih, saya tetap sebagai kontestan,” sebutnya.

Namun jika dirinya tidak lolos dalam seleksi tersebut, ia tetap akan berbesar hati menerimanya. “Jika tidak tidak lolos seleksi, saya akan legowo,” ujarnya. (h/ant)

Editor: Administrator

Terkini

Anak Usia 7-13 Tahun Berisiko Tinggi Stunting

Rabu, 20 Oktober 2021 | 15:12 WIB

Batu Kambiang Agam Vaksinasi 370 Warganya

Rabu, 20 Oktober 2021 | 14:33 WIB

108 Hektare Lahan Sumbar tak Ada Kejelasan Hukum

Rabu, 20 Oktober 2021 | 13:45 WIB

Bupati Agam Hadiri Maulid Nabi di Nagari Malalak Barat

Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:24 WIB

Terpopuler

X