Dicurigai ‘Bau PKI’, Diskusi Bubar

- Minggu, 22 Februari 2015 | 19:05 WIB

Kecurigaan warga ini didasari hadirnya Ketua YPKP Bedjo Untung, yang diduga adalah anak dari Letkol Untung, Pimpinan Dewan Revolusi PKI. Padahal pihak YPKP telah menyebutkan bahwa Bedjo Untung tidak ada hubungan keluarga dengan Letkol Untung. Meski demikian, warga tidak mempercayainya begitu saja.

Kegiatan diskusi itu sebe)­narnya tidak hanya dihadiri oleh pihak YPKP dan korban keja­hatan 65-66 saja, tapi juga meng­hadirkan sejumlah narasumber dari pusat, seperti dari Komisi Nasional (Komnas) Perempuan, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tin­dak Kekerasan (Kontras) dan pengacara Komisi Pemberatantasan Korupsi (KPK), Nusyahbani.

Seharusnya, kegiatan tersebut dimulai pada pukul 10.00 WIB. Namun sebelum kegiatan dimulai, banyak warga berdatangan ke lokasi kegiatan dan berusaha untuk meng­hentikan kegiatan tersebut.

Kedatangan banyak warga ini membuat para peserta yang datang dari berbagai daerah di Sumbar jadi bingung. Bahkan peserta yang ber­jum­lah sekitar seratusan orang yang didominasi oleh orang lanjut usia itu tampak pasrah ketika diusir oleh warga sekitar.

Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, sejumlah petugas kepolisian terpaksa meng­amankan para narasumber dan pe­ser­­ta, agar tidak menjadi amukan warga.

Salah seorang warga Bukik Ca­ngang, Yunaldi mengatakan, warga Bukik Cangang menolak adanya ke­giatan yang diselenggarakan YPKP, karena dikhawatirkan bisa me­munculkan ideologi baru yang bertentangan Pancasila, undang-undang serta aturan lainnya.

“Warga menolak kegiatan yang dapat merongrong ideologi Pan­casila. Yayasan 65-66 ini nota­benenya adalah PKI Bedjo Untung, kami tidak menerima,” ujar Yulandi.

Yulandi melanjutkan, pembu­baran acara yang dilakukan YPKP murni kehendak masyarakat yang tidak menginginkan paham komu­nisme muncul di daerah mereka, karena sebelumnya beredar desas-desus Ketua YPKP Bedjo Untung akan menularkan ajaran PKI.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Manajemen PLN UIW Sumbar Kunjungi PLTM Salido Kecil

Senin, 25 Oktober 2021 | 09:07 WIB

Bupati Sutan Riska Disambut Hangat di Sumatera Selatan

Minggu, 24 Oktober 2021 | 23:09 WIB
X