Dharmasraya Akan Miliki Industri Pengolahan Susu

- Senin, 23 Februari 2015 | 18:33 WIB

Kepala Disnakkan melalui Kepala Bidang Bina Usaha Disnakkan, Dodi Sandra, me­ngatakan,  bahwa dengan pe­ngem­bangan produk olahan susu kambing, diharapkan dapat membantu mening­kat­kan konsumsi susu di Kabu­paten Dharmasraya.

“Setelah membangun sek­tor pembibitan peranakan kambing PE, untuk kedepan­nya kami juga berencana mem­­bangun produk pengo­lahan susu Kambing Etawa ini,” ungkap Dodi.

Ia mengatakan, kambing PE tidak hanya jenis kambing pedaging, melainkan meru­pakan jenis kambing yang mam­pu memproduksi susu, sehingga kedepannya ia juga berkeinginan akan ada industri pengolahan susu berbasis susu kambing PE.

Pada tahun 2013, kata Dodi, Disnakkan Kabupaten Dharmasraya telah melakukan peranakan kambing etawa sebanyak 23 ekor dan telah menghasilkan anak 11 ekor, dalam jumlah induk 18 ekor dengan pejantan 5 ekor dengan lokasi di Jalan Pulau Sawah, Muaromau, Kecamatan Pulau Punjung.

Kemudian tahun 2014, telah dilakukan pembangunan sarana pengembangan lebih lanjut untuk kambing PE, dengan pembangunan pem­bibitan beranekaragam, seperti pembibitan sapi bali.

Kedepan diharapkan pem­bibitan-pembibitan yang di­buat melalui bidang peterna­kan akan menghasilkan bibit yang unggul.

Ia menambahkan, untuk pembibitan sapi, nantinya bakal dijadikan sebagai contoh untuk pengembangan peter­nakan sapi di Kabupaten Dhar­masraya, dan dapat mewujud­kan Dharmasraya sebagai sen­tra pembibitan sapi, khususnya Sapi Bali. “Pembibitan itu dimulai pada anggaran 2013 hingga tahun ini. Direncanakan bakal berlanjut hingga tahun 2015 ini,” imbuhnya.

Menurutnya, pembibitan yang dikelola langsung oleh Disnakan tersebut bertujuan untuk memenuhi ketersedian, kebutuhan bibit unggul Stan­dar Nasional Indonesia (SNI) bagi masyarakat peternak. Kelayakan bibit tersebut dapat dipertanggung jawabkan.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Solok Selatan Kembangkan 9 Nagari Tageh

Senin, 18 Oktober 2021 | 01:30 WIB

MTsN Padang Panjang Juara Umum Ajang Holistic DEI

Minggu, 17 Oktober 2021 | 21:55 WIB

Wako Padang Panjang Lantik Pengurus MKKS SMP

Minggu, 17 Oktober 2021 | 17:37 WIB
X