Calon Independen Harus Kantongi 36 Ribu KTP

- Rabu, 25 Februari 2015 | 19:39 WIB

Ia menyatakan dukungan dari daerah dengan jumlah penduduk kisaran 250.000 hingga 500.000 harus dapat dukungan sebesar 8,5 persen. “Saat ini penduduk Pasaman Barat kurang lebih 424.000 jiwa. Maka seorang calon independen yang ingin maju pada Pilkada Pasaman Barat 2015 harus mengantongi 36 ribu lebih KTP warga yang menyatakan mendukung,” ujarnya.

Ia menjelaskan KTP pendukung ini harus tersebar minimal 50 persen dari jumlah kecamatan yang ada di Pasaman Barat. Pasaman Barat ada 11 kecamatan, maka KTP pendukung calon independen di Pasaman Barat harus tersebar pada minimal enam kecamatan di Pasaman Barat.

Ia menegaskan pihaknya saat ini masih menunggu turunnya Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) dalam pelaksanaan Pilkada 2015. “Hingga saat ini tahapan Pilkada belum bisa kita tetapkan karena masih menunggu PKPU pasca disyahkannya UU Pilkada beberapa waktu lalu,” katanya. Menurut dia, PKPU menjadi acuan bagi semua KPU se-Indonesia dalam menyusun tahapan Pilkada yang akan dilaksanakan. “Jika PKPU sudah turun maka tahapan akan kami mulai. Mudah-mudahan PKPU tersebut secepatnya turun sehingga tahapan bisa kami lakukan dengan cepat,” ujarnya. Ia menegaskan KPU pada prinsipnya siap melaksanakan pemilihan kepala daerah tahun 2015. “Anggaran sudah masuk dalam APBD sebesar Rp7 Miliar. Tambahnya nanti akan dimasukkan dalam APBD P,” ujarnya.

Ia menyebutkan saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemkab Pasaman Barat dalam hal penyediaan anggaran beserta tambahannya. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat pelaksanaan Pilkada jelas sehingga persiapan tahapan bisa dimulai,” tegasnya.

Ia menjelaskan untuk pelaksanaan Pilkada nantinya pihaknya masih membutuhkan tambahan anggaran sebanyak Rp8 miliar. Untuk itu pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Pemkab Pasaman Barat mengenai kebutuhan anggaran untuk Pilkada 2015. (h/yan)

Editor: Administrator

Terkini

Kapolda Sumbar Buka Diktuk Bintara Polri TA 2021

Senin, 26 Juli 2021 | 21:45 WIB
X