Songket Silungkang Warisan Budaya Nusantara

- Kamis, 26 Februari 2015 | 19:06 WIB

Menteri Perdagangan Re­publik Indonesia, Rahmad Gobel ketika meyambangi space Songket Sawahlunto menyebutkan, pemerintah sa­ngat mendukung serta menga­presiasi apa yang telah di­lakukan kota Sawahlunto da­lam memotori pengembangan songket Silungkang.

“Kami sangat menga­pre­siasi usaha Pemerintah Sa­wahlunto dalam menjadikan tenun song­ket Silungkang se­bagai warisan dunia tak ben­da,” ujar Rahmad Gobel, di dalam stand Sa­wah­lunto, Kamis (26/2).

Menteri berperawakan be­sar itu sendiri mengakui, so­ng­ket Silungkang salah satu wa­risan budaya nusantara, yang patut untuk dilestarikan dan dikembangkan turun temurun hingga ke anak cucu.

Munculnya stand tenun songket Sawahlunto di ajang IFW 2015 itu, diberikan se­cara gratis pihak K­ementerian Perdagangan. Stand gratis tersebut, bagian dari apresiasi terhadap usaha pemerintah daerah.

“Kami dukung Songket Silungkang Sawahlunto se­bagai budaya warisan nu­san­tara Indonesia. Semoga dapat berimprovisasi dan terus me­ngi­kuti tren fashion,” ungkap Rahmad Gobel.

Dalam era persaingan saat ini, Gobel mengatakan, butuh kreasi dan inovasi dalam me­ma­dukan tenun songket Si­lung­kang dengan berbagai mode serta kegunaan. Jika itu terwujud, dipastikan akan menjadi produk lokal yang berdaya saing.

Senada dengan itu, Dirjen Industri kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian RI, Euis Dahlia mengatakan, lang­kah Sawahlunto mengem­balikan kejayaan Songket Si­lung­kang menjadi perhatian serius dari kementrian perdagangan.

“Karena, mengembalikan kejayaan songket, dinilai akan sanggup mengangkat budaya

Indonesia serta menjadi primadona ekonomi masya­rakat Kota Sawahlunto sen­diri,” tambahnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Wabup Padang Pariaman Buka Rakor Gabungan GOW dan OPD

Senin, 25 Oktober 2021 | 22:50 WIB

Dua Pasien Covid-19 Agam Dilaporkan Sembuh

Senin, 25 Oktober 2021 | 19:10 WIB

Fadil dan Putri Jadi Uda-Uni Kota Padang Panjang 2021

Senin, 25 Oktober 2021 | 18:10 WIB

Nagari Campago Padang Pariaman Cairkan BLT DD Besok

Senin, 25 Oktober 2021 | 16:24 WIB

Ir. Jetson, MT Dilantik jadi Pj Sekda Agam

Senin, 25 Oktober 2021 | 14:42 WIB
X