Jalan ke Bandara Rawan Kriminalitas

- Kamis, 26 Februari 2015 | 19:21 WIB

Demikian antara lain te­rung­kap dalam Sosialisasi Penanggulangan Keadaan Da­rurat dan Airport Security  Programme (ASP) yang dige­lar PT Angkasa Pura II, Kamis (26/2) di Padang. Sosialisasi itu menghadirkan seluruh sta­keholder terkait, seperti BPBD Sumbar, BPBD Kota Padang, BPBD Kabupaten Padang Pa­ria­man, PMI, Basarnas, rumah sakit dan operator pe­ner­bangan yang ada di daerah ini.

Menurut General Manager PT Angkasa Pura II, Asep Supriatna, aktivitas penam­bangan pasir ini dilakukan setiap hari. Warga me­ngang­kutnya menggunakan perahu dan ditumpuk di pinggir su­ngai. Menurut informasi, pasir di kawasan itu berkualitas super dan diangkut ke Pekan­baru.

“Jarak terdekat antara su­ngai dengan Bandara hanya 7 meter dan paling jauh 36 me­ter. Aktivitas mereka itu sangat mengkhawatirkan karena akan berdampak pada struktur ta­nah di landasan pacu,” ka­tanya.  Dia sangat berharap pihak terkait segera meng­anti­sipa­sinya sehingga tidak terjadi pembiaran. Dan pihaknya sendiri akan melakukan kajian lebih lanjut dengan melibatkan Bapedalda dan pakar ling­kungan.

Kapores Padang Pariaman, AKPB Rudy yang juga sebagai peserta sosialisasi me­ne­gas­kan, pihaknya akan me­nin­daklanjuti laporan PT Angkasa Pura II itu, terutama apakah aktivitas ga­lian C itu memiliki izin atau tidak.  “Segera kita tindak­lanjuti laporan itu,” katanya.

Sementara soal jalan me­nuju Bandara yang gelap gulita, menurut Rudy, harus segera diberi penerangan. Sebab ka­wasan itu menjadi rawan tin­dak kriminalitas. Polsek Ba­tang Anai sudah kali me­na­ngani kasus kriminal yang terjadi di ruas jalan itu, masing-masing transaksi narkoba dan penjambretan.

Selain itu, warga setempat juga dibuat resah dengan akti­vitas balap liar para anak muda. Waktu mereka beraksi tak bisa diprediksi. Aksi itu sangat membahayakan kese­lamatan pengguna jalan. Be­gitu pula kegiatan mobil ber­goyang. Suasana yang gelap gulita menjadi lokasi yang nyaman untuk berbuat mesum.

“Kita sudah tanya ke Pem­kab Padang Pariaman, katanya penerangan di ruas jalan itu merupakan tanggung jawab Pemprov Sumbar,” katanya.

Meski demikian, sebagai antisipasi pihaknya rutin mela­kukan patroli. Selain itu, ada petugas jaga 24 di Polsek sekitar Bandara. (h/vie)

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Sumbar Butuh Tambahan Vaksin Covid-19

Minggu, 25 Juli 2021 | 18:40 WIB
X