Sejumlah Titik Terindikasi Rawan Longsor

- Kamis, 5 Maret 2015 | 19:04 WIB

Antisipasi selanjutnya, Pe­me­rintah Kabupaten Pesisir Selatan tetap siagakan loader dan eskavator di tiga titik rawan longsor. Pemerintah setempat telah selesai mela­kukan survei dan verifikasi terhadap titik-titik rawan bencana.

Pri Nurdin menyebutkan, ruas jalan Lintas Barat Suma­tera yang membentang sekitar 230 km dari Siguntur hingga batas Muko Muko diakuinya memang banyak yang rawan bencana. Misalnya rawan ban­jir dan ancaman longsor.

Disebutkannya, berdasar­kan hasil survei dan verifikasi kawasan rawan bencana Dinas PU Pesisir Selatan terdapat sejumlah kawasan yang perlu diwaspadai. Misalnya ruas jalan Padang-Painan-Tapan ter­indi­kasi rawan bencana. Baik ben­cana banjir maupun longsor.

“Kawasan rawan longsor berada di Siguntur, Sungai Lundang dan Koto Pulai. Di­sini terdapat empat lokasi yang rawan longsor dan perlu per­hatian pemudik,” katanya.

Kawasan lainnya menurut Pri, rute Painan – Inderapura - Tapan kawasan rawan long­sornya terdapat di Bukit Pulai, lalu Bukit Luhuang di Keca­matan Bayang, Bukit Biawak dan Bukit Batu Tembak di Kecamatan IV Jurai, Bukit Taratak di Kecamatan Sutera, Bukit Punai di Kecamatan Ranah Pesisir dan beberapa bukit lain yang berada di pinggiran Jalan lintas Barat Sumatera sampai ke per­bata­san Pesisir Selatan dengan Bengkulu dan Provinsi Jambi, selebihnya lebih banyak an­caman banjir.

Bila cuaca tidak bersahabat menurut Pri Nurdin, pengguna jalan jangan memaksakan diri melintasi kawasan rawan ben­cana itu. Lereng perbukitan sepanjang jalur lintas barat Sumatera sangat labil. Jika curah hujan tinggi kawasan tersebut selalu terjadi longsor yang menimbun badan jalan.

Untuk berjaga-jaga, Pessel mensiagakan laoder dan eska­vator di Koto XI Tarusan, Batangkapas dan Ranah Pesi­sir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah, mem­persiap­kan perahu karet dan tin SAR yang selalu siap diturunkan kapan saja.

“Jadi loader dan eksca­vator hanya untuk titik yang rawan longsor. Sementara kawasan rawan banjir akan ditangani pula oleh PU Pessel,” katanya menutup pembicaraan. (h/har)

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Tiga Nama Mencuat Jabat Sekdakab Solok Selatan

Rabu, 4 Agustus 2021 | 23:29 WIB
X