Pantai Carocok Dikunjungi 24.000 Wisatawan

- Selasa, 10 Maret 2015 | 19:22 WIB

Pengunjung terbanyak ber­asal dari wisatawan nusantara, meski juga ada pengunjung dari luar negeri atau mancanegara, namun jumlahnya sangat se­dikit yakni hanya sekitar 1,5 persen, selebihnya wisatawan nusantara.

“Pengunjung kita ter­ba­nyak berasal dari wilayah Sumbar yakni sekitar 45 per­sen, disusul Riau dan Jambi sekitar 30 persen, sisanya dari Pulau Jawa, Sumatera Utara, Bengkulu, Lampung dan dae­rah lain di Sumatera,” ujarnya.

Pantai Carocok Painan yang terletak di Kota Painan atau pusat kabupaten itu ber­jarak sekitar 75 kilometer dari Kota Padang. Objek wisata itu merupakan objek wisata ung­gulan kabupaten setempat seiring tingginya minat para wisatawan baik lokal maupun tingkat nasional untuk ber­kunjung ke daerah itu.

Pada hari-hari besar dan libur akhir pekan, pengunjung wisata ke Pantai Carocok Painan rata-rata 4 ribu orang per hari. Ini dapat dilihat dari banyaknya tiket masuk yang terjual kepada pengunjung.

Kepala Bidang Pariwisata Pesisir Selatan Armaini, me­ngatakan dari sejumlah objek wisata yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan, Objek Wisata Pantai Carocok Painan tetap menjadi andalan bagi daerah itu dalam mencapai realisasi target pendapatan asli daerah (PAD).

Pada tahun 2015 pemkab setemnpat menetapkan PAD dari sektor pariwisata sebesar Rp1,5 miliar. Target itu lebih besar dibanding tahun sebe­lumnya (2014) yang hanya sebanyak R1,2 miliar.

Dari target yang ditetapkan pada 2014 realisasi mencapai Rp1,56 miliar. Penyumbang PAD terbanyak untuk sektor itu berasal dari objek wisata Pantai Carocok Painan.

Untuk mengejar target yang telah ditetapkan, pemkab setempat melakukan berbagai kegiatan atau program rutin dengan sasaran meningkatnya pendapatan dari sektor itu.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Sumbar Butuh Tambahan Vaksin Covid-19

Minggu, 25 Juli 2021 | 18:40 WIB
X