Penghuni Lapas Lebihi Kapasitas

- Selasa, 10 Maret 2015 | 19:22 WIB

Ia menambahkan kamar yang seharusnya hanya bisa menampung sembilan orang saat ini dijadikan menampung 20 warga binaan, bahkan ada yang sampai dengan 25 orang satu kamar.

Dalam upaya mengurangi jumlah warga binaan di lapas tersebut, Yusran menye­but­kan, jika mereka sebagian akan dipindahkan ke lapas yang lain di Sumbar.

“Agar para warga binaan tidak terlalu merasa resah, maka pada waktu tertentu diadakan rotasi warga binaan yang ada di Sumbar,” kata dia.

Ia menjelaskan, lapas terse­but memiliki 6 blok dimana blok A diisi oleh para tahanan, blok B dihuni para narapidana narkoba, blok C merupakan ruangan isolasi, blok D ditem­pati warga binaan kasus kri­minal dan umum, blok E di­tem­pati para warga binaan yang juga pekerja dan blok F dihuni oleh para warga binaan perempuan.

“Sementara para anak-anak, kami beri ruangan kh­usus,” katanya.

Ia menyebutkan, para war­ga binaan tersebut dibina dengan tahap asimilasi, artinya para narapidana yang sudah melewati tahap hukuman dan mentalitas lebih dari setengah, maka diberikan kesempatan untuk bekerja dan bersosialisai di luar lapas.

“Ini dilakukan agar setelah mereka selesai menjalani masa hukuman dan kembali ke ma­sya­rakat tidak cnggung,” ka­tannya.

Ia menyebutkan, hal ini juga bertujuan agar para warga binaan tersebut tidak terlalu merasa terkekang. Dalam ta­hap asimilasi itu para nara­pidana dibawah kontrol dan pengawasan petugas lapas.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Puluhan Kendaraan Terjaring Razia Gabungan Dishub Sumbar

Jumat, 17 September 2021 | 12:52 WIB

Kasus Harian Covid-19 di Agam Terus Melandai

Kamis, 16 September 2021 | 22:17 WIB
X