Lima Balon Bupati Agam Berebut ‘Matahari’

- Selasa, 10 Maret 2015 | 19:26 WIB

“Nama-nama bakal calon yang telah kita kirimkan itu, sebelumnya sudah melalui proses seleksi di tingkat DPD. Siapapun nantinya bakal calon yang akan dikirim dan ke pusat, itu sepenuh­nya merupakan kewenangan DPW,” kata Syah­mendra. Sementara untuk mengusung satu paket pasangan calon Bupati/ Wakil Bupati Agam pada Pilkada mendatang sebut Syahmendra, PAN Agam harus melakukan koalisi dengan sejumlah partai lain. Saat ini, pihaknya mengaku sudah memulai langkah penjajakan dan membuka kran komunikasi dengan beberapa parpol pemilik kursi sah di DPRD.

Dikatakan, dari kelima nama bakal calon kepala daerah yang sudah dikirimkan PAN Agam tersebut masing-masingnya Syafruddin, (Mantan Wali Nagari Lubuk Basung), Syafril Huda (Ketua DPD PPP Agam), Guspardi Gaus (Wakil Ketua DPRD Sum­bar), Indra Catri (Bupati Agam) dan Irwan Fikri (Wakil Bupati Agam).

Sementara Partai Nasdem Agam, hingga saat ini masih belum meyerahkan nama bakal calon yang sudah mendaftar ke partai besutan Surya Paloh itu. Nasdem sendiri, sejauh ini masih melakukan koordinasi sebelum nama-nama itu dikirim ke DPW. Adapun bakal calon yang telah mendaftar diantara­nya Indra Catri, Irwan Fikri, Guspardi Gaus dan Edwardi.

“Kita di koalisi Nurani Nasdem, masih mela­kukan rapat untuk mencukupkan sebanyak lima pasang nama yang akan dikirim ke DPW. Hingga saat ini, kita sudah menerima empat bakal calon. Idealnya, kita harus mengirimkan sebanyak lima pasang. Paling lambat akan dikirim Senin pekan depan,” kata tim penjaringan balon kepala daerah Koalisi Nurani Nasdem, Yuspidar.

Kondisi berbeda, justru datang dari PPP Agam. Sampai saat ini, partai kabah itu masih membuka proses pendaftaran bagi bakal calon. Hingga kemarin, PPP sudah menerima tiga orang bakal calon kepala daerah, diantaranya Indra Catri, Irwan Fikri dan Syafril Huda (Ketua DPD PPP Agam).

Dari Kabupaten Tanah Datar, DPC Partai Hanura di Luhak Nan Tuo itu, hingga kini mengaku masih menunggu Petunjuk Organisasi (PO) dari DPP, sekaligus menunggu tahapan pemilu dari Komisi Pemiliha Umum (KPU). Hal itu dilakukan jelang penyaringan dan dikirimkannya 14 nama kandidat bakal calon bupati/ wakil bupati Tanah Datar, ke DPD Hanura Sumatera Barat.

“Hingga saat ini, kita belum bisa mengusulkan nama-nama balon yang akan diusung, karena harus menunggu tahapan Pilkada dari KPU. Selain itu, kita juga masih menunggu PO dari DPP Hanura. Sebagian partai belum membuka pendaftaran balon, itu juga karena PO dari pusat belum turun, karena hal ini mesti menjadi acuan bagi masing-masing partai,” sebut Ketua Bappilu Partai Hanura Tanah Datar, M Syukur kepada Haluan, Selasa (10/3) di Batusangkar. (h/yat/fma)

Editor: Administrator

Terkini

Pemkab Pasbar Dukung Pembangunan Rumah Bersubsidi

Sabtu, 25 September 2021 | 18:40 WIB

Ratusan Ibu-ibu di Solok Dapat Bantuan Hortikultura

Sabtu, 25 September 2021 | 17:55 WIB

Sumbar Siapkan Dana Pendamping untuk Dua TPA

Sabtu, 25 September 2021 | 14:33 WIB
X