Pemkab Limapuluh Kota Bangun BBI

- Rabu, 11 Maret 2015 | 19:33 WIB

“Lokasi Balai Benih Ikan (BBI) baru yang akan kita bangun itu berada di salah satu jorong di Nagari Sarilamak yakni, Jorong Air Putih, Ke­camatan Harau, Kabupaten Li­mapuluh Kota, “ungkap Kepala Dinas Perikanan setempat, Re­filza yang dihubungi di kan­tornya, Rabu kemarin.

Dikatakan, dibangunnya BBI yang baru, karena BBI Taratang yang telah terlebih dahulu beroperasi untuk mem­­­produksi benih ikan nila dan mas/rayo, tidak bisa di­kembangkan lagi akibat la­hannya yang terbatas. Sebuah BBI minimal punya lahan seluas 5 hektare. Sedangkan BBI Tarantang tidak sampai 3 hektare sudah termasuk de­ngan bangunan kantor.

Untuk pembebasan lahan sudah diproses yang ditangani Sekretarist Pemkab Lima­puluh Kota, tinggal lagi dana untuk pembangunan kolam, sarana dan prasarana lainnya. Menurut rencana alokasi da­nanya be­rasal dari Dana Alo­kasi Khusus (DAK) 20­15 yang diawali de­ngan pembangunan jalan, pem­­ba­ngunan kolam dan p­emba­ngunan saluran air ke­luar masuk sentra Menurut dia, selain pro­duksi benih ikan di­lakukan di BBI, juga dilak­sanakan pem­binaan terhadap pembenih ikan milik peternak/petani ikan, baik dari segi teknis maupun kelem­bagaan. Se­hing­g­a para pem­benih ikan mampu me­ning­katkan pro­duksi dan kualitas benih yang dihasilkan, sehingga daerah ini mampu menyuplai benih ikan bermutu utamanya ke Pro­pinsi tetangga, seperti Riau dan Jambi, se­butnya. (h/zkf)

Editor: Administrator

Terkini

Kasus Harian Covid-19 di Agam Terus Melandai

Kamis, 16 September 2021 | 22:17 WIB

Padang Panjang dan PDAM Komit Terapkan GCG

Kamis, 16 September 2021 | 11:20 WIB

5 Kabupaten di Sumbar Kecipratan Bantuan TMMD 2021

Kamis, 16 September 2021 | 10:30 WIB

Baru 4,5 Persen Remaja Sumbar Divaksin Dosis Pertama

Kamis, 16 September 2021 | 08:55 WIB

Tantangan Kependudukan Atas Fenomena 'Childfree'

Kamis, 16 September 2021 | 06:39 WIB
X