Segera Jadi Kawasan Konservasi Penyu

- Rabu, 11 Maret 2015 | 19:33 WIB

Jasman menyebutkan, MPP yang beranggotakan pe­muda tersebut telah mela­kukan peng­hijauan pantai de­ngan menanam pohon keta­pang dan tanaman lainnya di kawasan pantai. Ke­giatan ini murni dilakukan untuk men­yelamatkan lingkungan pan­tai di Amping Parak.

“Bibit pohon pelindung diusahakan melalui Dinas PU Pessel Cq Kabid Kebersihan dan Pertamanan Kota sekitar enam bulan lalu. Sementara untuk melaksanakan kegiatan dilakukan dengan swadaya. Pemuda yang sudah tergabung di MPP dengan sukarela mem­baktikan diri untuk peng­hijau­an pantai. Selain itu MPP juga merawat pohon pohon kecil yang tumbuh alami,” katanya.

Saat ini menurutnya, ka­wasan yang sudah berhasil ditanam bibit ketapang se­panjang 500 meter. Seluruh tanaman pada areal 500 meter itu telah dipagar dengan bahan-bahan yang diperoleh di ka­wasan terdekat. Pemuda peng­gagas penghijauan pantai itu terdiri dari Jasman, Udin, Sepriadi, Rino dan Isul, se­mua­nya bekerja tanpa pamrih.

Disebutkannya, selain pe­nanaman, MPP juga me­laku­kan aksi pembersiham ka­wasan pantai dan muara de­ngan pe­ra­latan sederhana be­rupa rakit (getek, red) yang digerakkan dengan dayung secara berkala.

“Harapan kami sederhana saja, dengan semangat gotong royong yang dimiliki, kami berharap lingkungan pantai Amping Parak terjaga dan mem­baik mutu ling­kungan­nya. Bila pantai rindang dan hijau, ikan-ikanpun akan se­makin dekat ke tepi, hal ini akan mengun­tung­kan nelayan setempat. Ke­depan kami juga punya rencana men­jadikan kawasan itu sebagai pusat kon­servasi penyu,” katanya.

Bupati Pessel Nasrul Abit juga memberikan apresiasi kepada pemuda setempat yang telah berupaya membuat pan­tai Am­ping Parak menjadi hijau. “Saat ini kesadaran menanam memang masih ren­dah, lalu dengan adanya gera­kan pemuda seperti itu, pe­me­rintah sangat menghargai. Mudah-mudahan kegaiatan ini juga bisa tertular kepada yang lain,” tutupnya. (h/har)

Editor: Administrator

Terkini

DPMD Kota Pariaman Siap Fasilitasi Desa Dirikan BUMDes

Selasa, 21 September 2021 | 22:10 WIB

PLN Mobile Goes to School di MAN 1 dan 2 Bukittinggi

Selasa, 21 September 2021 | 11:47 WIB

Pembangunan Reservoar di Pariaman Dimulai

Selasa, 21 September 2021 | 11:28 WIB

Excavator Rusak di TPS Pariaman Belum Tersentuh Perbaikan

Selasa, 21 September 2021 | 10:03 WIB
X