Pemko Payakumbuh Rangkul Perbankan

- Kamis, 12 Maret 2015 | 19:09 WIB

Menurut dia, pelaku usaha mikro dan kecil akan menjadi menengah dan besar, jika seluruh perbankan dan BUMN ikut membina pelaku usaha mikro dan kecil itu. “Caranya, selain melakukan pendampingan usaha, tapi ikut juga memberikan dana CSR penguat modal usaha. Jika usaha mikro dan kecil sudah sehat, maka pertumbuhan ekonomi daerah juga akan lebih kuat, dan dampaknya adalah kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Program yang diluncurkan pe­merintah sudah cukup baik, dengan memberikam KUR untuk pelaku usaha mikro, tanpa agunan. Tapi, kenyataan di lapangan, masih ada di antara bank belum secara total me­nya­lur­kan KUR. Di bagian lain, pelaku usaha juga masih ada yang tak disiplin mengembalikan pinjaman yang dibe­rikan. Sehingga, menjadi pinjaman macet yang jumlahnya lumayan besar.

Karena itu lanjutnya, pemerintah meluncurkan program alternatif dengan membuka akses ke dana CSR (coorporate social res­pon­sibility) BUMN yang ada di Suma­tera Barat. Program ini juga dikenal dengan PKNL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) yang dimiliki oleh seluruh BUMN di Indonesia. Harapan sekdako, kehidupan UM­KM di Payakumbuh akan semakin sehat, agar pertumbuhan usaha mikro dan kecil di Payakumbuh semakin sehat dan kuat.

Data pada Dinas Koperindag, perkembangan UMKM di Paya­kumbuh pada beberapa tahun ter­akhir, tercatat 14.529 usaha mikro, 5.075 usaha kecil, dan hanya 202 pelaku usaha yang tergolong usaha menengah dan besar. Jika seluruh perbankan dan BUMN ikut mem­bina pelaku bisnis ini, bukan tidak mungkin pertumbuhan ekonomi Payakumbuh, akan mencapai 7 sampai 8 persen, ulasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Ko­perindag diwakili Sekretaris Dinas Koperindag, Yunida Fatwa, mela­porkan, temu mitra sehari itu meng­hadirkan pemateri Usman (PT. POS Indonesia), Afri Erizon (PT. Ang­kasa Pura II Cab. BIM Padang) dan Drs. H. Syamsurianis (PT. Semen Padang). (h/zkf)

Editor: Administrator

Terkini

Tiga Nama Mencuat Jabat Sekdakab Solok Selatan

Rabu, 4 Agustus 2021 | 23:29 WIB
X