Dermaga Ditambah, Panasahan Dipersiapkan Jadi Pelabuhan Regional

- Jumat, 13 Maret 2015 | 19:42 WIB

Dikatakannya dermaga Pana­sahan menurut desainnya diran­cang untuk menampung kapal bobot be­sar. Maka nanti dibagian hanggar dermaga akan dilebarkan sekitar 130 meter lagi ke arah luar dermaga. “ Diperkirakan untuk kepentingan pelebaran bagian hanggar dermaga ini akan menelan biaya sedikitnya Rp35 Miliar dengan rentang bahu hanggar sekitar 130 meter,” katanya.

Selain dari pemerintah sendiri menurut Nasrul, pihak berke­pen­tingan dengan pembangunan pela­buhan yaitu para pengusaha CPO yang ada di Pesisir Selatan dan Provinsi Bengkulu juga berencana akan menanamkan investasi sendiri untuk mendapatkan beberapa hektar lahan sebagai gudang di sekitar lokasi pelabuhan. Menurutnya ada sekitar lima belas pengusaha yang akan berinvestasi di sekitar kawasan pela­buhan.

Dermaga Panasahan akan diting­katkan pembangunannya menjadi pelabuhan regional untuk kepen­tingan pelabuhan CPO, batubara dan General Cargo. Pelabuhan ini bisa dimanfaatkan nantinya sebagai lo­kasi pengapalan CPO dan batubara dan lainnya. Saat ini dermaga Panasahan baru bisa dimasuki kapal sekelas kapal perintis.

Nasrul Abit mengatakan, khusus untuk pengembangan pelabuhan Panasahan Painan, Pemkab telah menyediakan lahan 15 hektare sete­lah dilakukan pembebasan dari pemi­liknya. Untuk pembebasan lahan menyangkut pengembangan pemba­ngunan di kabupaten itu. (h/har)

Editor: Administrator

Terkini

Kapolda Sumbar Buka Diktuk Bintara Polri TA 2021

Senin, 26 Juli 2021 | 21:45 WIB
X