25 Dubes Negara Asia Lirik Potensi Sumbar

Administrator
- Kamis, 28 Mei 2015 | 19:12 WIB

“Selama tiga hari berada di Sumbar mereka tertarik untuk mengetahui potensi geo­ther­mal yang ada di Sumbar, beri­kut potensi pariwisata,” ujar Irwan kepada media kemarin.

Meski demikian, tidak ter­tutup kemungkinan mereka akan menjajaki potensi lain di sektor perikanan dalam rang­ka meningkatkan ekonomi daerah dan kesejahteraan mas­yarakat.

Kunjungan Diplomatic Tour West Sumatera meru­pakan sesuatu yang langka dan mo­men itu harus diman­faat­kan oleh kepala daerah yang dikun­jungi sebaik meungkin. Selain menyiapkan potensi yang ter­sedia sebaik mungkin, momen itu dinilai efektif un­tuk mem­promosikan daerah baik dari segi pelayanan dan perizinan serta memper­siap­kan cendra­mata yang akan diberikan ke­pada para dubes berikut perwakilan yang datang.

Data yang dipero­leh pihak Pro­tokol, Kuswandi, acara Diptolatic Tour West Sumatera yang berkunjung ke Sumbar diantaranya 17 Dubes yaitu Peru, Laos, Bulgaria, Ukrania, Sudan, Libya, Finlandia, Croa­tia, Hungary, Fiji, Irak, Mexico, Swiss, Repulik of Korea, Jor­dan dan Solomon Islan serta Papua Nugini.

Sedangkan delapan per­wakilan yaitu dari negara Vene­zueka, Suriname, Yaman, Si­nga­pura, Uni Emirat Arab (UEA), Laos dan Mozam­bique, serta utusan Wakil Asosiasi Internasional Parle­men Asia (AIPIA).

Irwan mengatakan, 30 an rombongan itu dijadwalkan sampai di Kota Padang pada hari Jumat siang, 29 Mei 2015. Rombongan disambut oleh Gubernur Sumbar Irwan Pra­yit­no di Bandara Internasional Minangkbau (BIM) Kabu­paten Padang Pariaman. Da­lam kesempatan itu, Gubernur akan mengekspos potensi yang ada di Sumbar kepada rombo­ngan. Usai ekspos, rombongan bertolak ke Bukittinggi untuk bermalam.

Kemudian hari Sabtu 30 Mei 2015, rombongan menuju Kabupaten Pasaman untuk melihat potensi geothermal di daerah tersebut. Setelah selesai kegiatan, rombongan melan­jutkan perjalanan ke Tanah­datar untuk melihat wisata sejarah Istana Pagaruyuang.

Rombongan kemudian, menuju Kota Padang untuk hari berikutnya melanjutkan kegiatan ke Kawasan Wisata Bahari Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan. (h/rel/mg-isr)

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Gunung Semeru Meletus, Gubernur Sumbar Kirimkan Doa

Minggu, 5 Desember 2021 | 06:15 WIB

Kota Sawahlunto Dapat Dua Penghargaan dari JKPI

Sabtu, 4 Desember 2021 | 19:11 WIB

Wakapolda Tinjau Sumdarsin di Polda Sumbar

Sabtu, 4 Desember 2021 | 18:43 WIB
X