Layani Masyarakat, Pemda Gandeng PT Pos

Administrator
- Kamis, 23 Juli 2015 | 19:05 WIB

Hal tersebut dibenarkan oleh Bupati Ali Mukhni seusai Penandatangan Me­morandum of Under­stan­ding (MoU) dengan Kepala Regional II PT Pos Indo­nesia Persero Yuzon Erman, SE di Ruang Kerjanya, Rabu (22/7). Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) M. Fadhly, Kepala Kemenag Masri Can, dan Kabag Humas Hendra Aswara.

“Alhamdulillah, satu lagi inovasi kita lakukan untuk memudahkan masyarakat dalam pelayanan admi­nist­ra­si kependudukan dan cata­tan sipil dengan meng­gan­deng PT. Pos Indonesia. Saya kira Program layanan gratis ini yang pertama di Indo­nesia,” kata Bupati yang meraih Penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden RI baru-baru ini.

Ali Mukhni mengatakan sebelumnya masyarakat men­­jemput dokumen ke­pendudukan dan catatan sipil ke kantor atau unit pelayanan terdekat. Namun sekarang, masyarakat di­man­jakan dengan cukup menunggu dirumah dan pe­tugas akan mengantar do­kumen tersebut via paket POS. “Jadi masyarakat bisa hemat biaya, waktu, tenaga dan bisa mengerjakan akti­fitas seperti biasa tanpa harus ke kantor Dis­duk­capil. Kita punya motto Saatnya Masyarakat Me­nikamti,” kata Alumni Har­vard Kennedy School di Amerika Serikat itu.

Sementara itu Kepala Regional II PT Pos Indo­nesia Persero Yuzon Erman mengapresiasi terobosan yang dillakukan Pemerintah Daerah melalui Dinas Duk­capil dalam upaya me­ning­atkan pelayanan kepada ma­syarakat. Ia yakin program ini akan menyentuh dan dirasakan langsung oleh masyarakat. “Kita apresiasi Bupati Ali Mukhni yang sungguh-sungguh dalam mem­­berikan pelayanan pri­ma yang menyentuh lang­sung kepada masyarakat. Insha Allah kita siap back up,” kata Yuzon Erman.

Kepala Dinas Dukcapil M. Fadhly mengatakan bah­wa selaku SKPD yang ber­hubungan langsung dengan masyarakat dalam pela­ya­nan administrasi kepen­dudukan dan pencatatan sipil berkontribusi dalam menentukan tingkat ke­puasan masyarakat dalam pelayanaan pemerintah sela­ma lima tahun terakhir.

Berpijak dari berbagai kritikan dan masukan ma­syarakat melalui sarana pe­ngaduan SMS Center, Dinas Dukcapil berupaya mela­kukan pembenahan-pem­benahan dalam ber­bagai aspek pelayanan. Dian­tara­nya peningkatan saranand an prasarana, pem­bangunan sistem-sistem pendukung pelayanan, penetapan 41 Standar Operasional Pela­yanan (SOP), dan upaya-upaya pengendalian internal yang turut difasilitasi oleh Inspektorat Kabupaten Pa­dang Pariaman.

Ditambahkannya sejak tahun 2014 lalu, Dis­duk­capil berinovasi dalam pe­ning­katan kepuasan ma­syarakat melalui kerja sama dengan PT POS Indonesia untuk ekspedisi atau pe­ngiriman dokumen pela­yanan langsung ke rumah masyarakat baik di dalam maupun di luar Kabupaten Padang Pariaman dalam wilayah Indonesia.

Dari hasil uji coba yang dilakukan selama empat bulan terakhir, program ini mendapat respon positif dari masyarakat yang di­terima melalui SMS Cen­ter dan layanan telepon. Dengan program kerja sama dengan PT Pos ini masya­rakat bisa hemat biaya trans­portasi dan waktu dalam pengurusan administrasi kependudukan dan catatan sipil seperti pengurusan KK, KTP, Akta Kelahiran dan lain sebagainya.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

TP-PKK Agam Studi Komparatif ke Jambi

Selasa, 7 Desember 2021 | 20:56 WIB

Ketua PKK Kota Pariaman Serahkan Insentif Dasawisma

Selasa, 7 Desember 2021 | 17:45 WIB

Bupati Agam: LGBT Ancaman Bagi Generasi Harapan Bangsa

Selasa, 7 Desember 2021 | 15:02 WIB
X