KPU Segera Buka Pendaftaran Calon Bupati

- Kamis, 23 Juli 2015 | 19:08 WIB

“Berdasarkan peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2015 tentang pencalonan pe­mili­han gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau walikota dan wakil waliko­ta seba­gaimana telah diubah de­ngan peraturan KPU Nomor 12 Tahun 2015, dan ke­putusan KPU Kabupaten Pasaman nomor 3 Tahun 2015 tentang tahapan, prog­ram dan jadwal pemilihan, KPU Pasaman telah mem­buka pendaftaran,” kata Jajang Fadli, Ketua KPU Pasaman, Kamis (23/7).

Atas hal tersebut, pihak KPU sendiri telah mem­beritahukan kepada partai politik tingkat kabupaten dan masyarakat, baik itu melalui acara resmi maupun melalui media iklan di me­dia massa.

Dijelaskan Jajang, dalam pengajuan bakal pasangan calon, partai politik dan atau gabungan partai politik wa­jib memenuhi syarat mi­nimal perolehan kursi dan syarat minimal perolehan suara sah. Ini sesuai ke­putusan KPU Kabupaten Pasaman nomor 14 Tahun 20­15 tentang syarat pero­lehan paling sedikit jumlah kursi dan akumulasi suara sah partai politik atau ga­bungan partai politik.

Syarat minimal pero­lehan kursi sebanyak 20% dari jumlah kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DP­RD) Pasa­man Tahun 2014 dengan jumlah minimal tujuh kursi, atau dari akumulasi pero­le­han suara sah dalam pemilu anggota DPRD 2014, yai­tu 35.181 suara sah.]

“Dalam pendaftaran nan­tinya wajib dihadiri ba­kal pasangan calon dan par­tai politik dengan menyam­paikan dokumen persya­ratan pen­calonan serta do­ku­men syarat bakal pasa­ngan calon dalam bentuk hard­copy dan softcopy,” sebutnya.

Lebih lanjut dijelaskan Jajang, usai mendaftar para pasangan bakal dilakukan pemeriksaan kesehatan ro­hani dan jasmani masing-masing bakal pasangan pada 26 Juli hingga 1 Agustus mendatang. (h/col).

Editor: Administrator

Terkini

108 Hektare Lahan Sumbar tak Ada Kejelasan Hukum

Rabu, 20 Oktober 2021 | 13:45 WIB

Bupati Agam Hadiri Maulid Nabi di Nagari Malalak Barat

Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:24 WIB

Terpopuler

X