Disdikpora Periksa Keabsahan Ijazah PNS

- Rabu, 29 Juli 2015 | 19:44 WIB

Dalam pemeriksaan itu nantinya, Disdikpora Bukit­tinggi menurut Elia Mak­mur akan melihat sejauh mana para PNS meng­guna­kan ijazahnya, apakah ijazah mereka betul-betul legal atau tidak legal. Tapi Ia berharap nantinya tidak ditemukan PNS yang masuk menggunakan ijazah palsu.

“Sekarang kami baru dalam tahap mendata, dan masing-masing sekolah ka­mi akan panggil kepala seko­lahnya, termasuk juga ba­gian kepegawaiannya, untuk mengumpulkan ijazah-ija­zah seluruh PNS di seko­lahnya, lalu akan dikonf­ir­masi terhadap dinas pen­didikan, mulai dari ijazah S1 hingga S2,” jelas Ellia Makmur.

Ellia Makmur melan­jut­kan, apabila nanti dite­mu­kan adanya ijazah tidak legal, PNS yang bersangkutan akan dilaporkan ke walikota, dan akan diteruskan ke pu­sat. Menurutnya, Disdikpora hanya mengelola bidang pendidikan, termasuk dari beberapa instansi lain, se­hingga tidak bisa menindak PNS apabila menggunakan ijazah palsu.

“Kami hanya sekadar mendata dan akan menyam­paikan ke pusat, masalah sanksinya pusatlah yang menentukan. Ini instruksi dari pusat, yakni Kemen­terian PAN-RB,” terang Ellia Makmur.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat ini Disdikpora Bukittinggi akan meng­infor­masikan hasil temuan tim atas pemeriksaan tersebut.

“Sebetulnya minggu ini sudah mulai jalan, dan tim kami juga sudah mulai ber­gerak, dan kebetulan juga kami yang jadi koor­dina­tornya. Jadi minggu depan kami rapatkan lagi, kalau sudah kami dapatkan hasil­nya, akan kami infor­masi­kan ke media,” pungkas Ellia Makmur. (h/wan)

Editor: Administrator

Terkini

180 Warga Padang Panjang Terjaring Razia Masker

Sabtu, 24 Juli 2021 | 22:01 WIB
X