Pembangunan Jalan Usaha Tani Akan Diperbanyak

- Minggu, 23 Agustus 2015 | 18:58 WIB

Menurut Bupati Ali Mukh­ni, dari tahun ke tahun pemerintah Padang Paria­man, selalu merealisasikan keinginan masyarakat untuk kebutuhan tersebut sesuai anggaran yang tersedia. “Se­perti tahun lalu ada sekitar 21 paket jalan usaha tani yang dibuka menuju areal persawahan petani,” ujar Ali Mukhni.

Dikatakan Ali Mukhni, sektor pertanian dan per­kebunan merupakan sektor utama dalam peningkatan ekonomi di Padang Paria­man.

Untuk itu kebutuhan  sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh petani me­la­lui kelompok tani meru­pakan prioritas utama dalam program pembangunan.

“Pembangunan dan per­baikan irigasi serta pem­bukaan jalan-jalan menuju pusat-pusat pertanian, per­kebunan merupakan prio­ritas utama dalam sektor pertanian,” katanya.

Pada tahun ini, ujar Ali Mukhni, ratusan jaringan irigasi akan diperbaiki. Per­baikan tersebut ada yang dilakukan langsung oleh kelompok-kelompok tani ada yang melalui rekanan.

Sementara itu untuk ke­butuhan akan jalan usa­ha tani dan jalan sentra perke­bunan sedang dila­kukan konsultasi oleh Di­nas Perta­nian pada depar­temennya tentang peng­gunaan dana DAK untuk kebutuhan itu.

“Kalau DAK tidak boleh digunakan untuk kebutuhan jalan tersebut, maka kita akan gunakan dana APBD,” terang Ali Mukhni.

Pada kesempatan itu Bu­pati Ali Mukhni mene­gas­kan pada Dinas Perta­nian Pertenakan dan Per­kebunan Padang Paria­man, untuk mempriori­taskan kebu­tu­han petani, sehingga sema­ngat petani dalam mengolah lahan se­makin optimal. (h/ded)

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Ormas NU Solsel Gelar Konferensi Cabang 2021

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 00:09 WIB
X