Hendri Arnis Serahkan Bantuan Rumah

- Minggu, 23 Agustus 2015 | 19:00 WIB

Bantuan untuk 110 ke­luar­ga ini terbagi di Pa­dangpanjang Timur 71 ke­luarga dan di Padangpanjang Barat 39 keluarga. Kepada penerima bantuan, Walikota menekankan supaya bantuan itu digunakan sepenuhnya un­tuk membeli bahan ma­terial yang harus digunakan untuk rehab rumah. Justru itu gunakanlah bantuan itu dengan sebaik baiknya agar benar benar bermanfaat, kata Walikota.

Dikatakan, bantuan ba­gi keluarga miskin yang mem­punyai rumah tidak layak huni, adalah satu upaya me­nekan angka kemiskinan. Dengan menempati rumah yang layak, tentunya juga akan memotifasi keluarga miskin semakin mening­katkan ekonominya.

“Ini salah satu bentuk perhatian dari pemerintah dalam menanggulangi angka kemiskinan, apabila rumah yang ditempati sudah layak huni dan memenuhi standar kesehatan, tentunya pemilik rumah juga akan semakin bergairah meningkatkan eko­­nominya,” ungkap Wako.

Ditambahkan, untuk men­dapatkan bantuan sosial rehabilitasi rumah tidak layak huni di Kota Pa­dangpanjang, telah dila­kukan survey dan sudah didata dengan mengecek atap, lantai dan dinding (Aladin) rumah bersang­kutan. Termasuk sarana ling­kungan lainnya.

“Karena bantuan yang diberikan senilai Rp.10 juta/ orang dalam bentuk bahan atau barang, calon penerima tentunya harus membuat anggaran biaya sesuai be­saran bantuan, agar sesuai dengan kebutuhan untuk itu harus direncanakan sema­tang mungkin, agar re­ha­bilitasi rumah benar-be­nar sesuai dengan kebu­tuhan,” ungkapnya.

Dana tersebut diluar bia­ya upah, Wako mengajak masyarakat sekitar rumah calon penerima bantuan, un­tuk bersama-sama ber­go­tong royong agar rehabiliatsi rumah keluarga miskin te­r­se­but dapat terwujud sesuai dengan perencanaan dan dengan keswadayaan.

Dari data Dinas Sosial Kota Padangpanjang ban­tuan Kementrian Sosial ter­sebut dengan jumlah total Rp.1,1 miliar rupiah, ma­sing-masing keluarga miskin menerima Rp.10 juta dan membentuk 15 kelompok, dengan anggota 5 sampai 10 orang. Bahan atau barang akan diserahkan sete­lah pe­nerima menyerahkan RAB kepada Dinas Sosial, pe­laksanaan rehabilitasi ru­mah tidak layak huni diren­ca­nakan 1 September men­datang dengan pelaksanaan 30 hari kerja. ( h / one )

Editor: Administrator

Terkini

Baznas Agam Targetkan Zakat Rp11 Miliar Tahun 2022

Kamis, 21 Oktober 2021 | 08:16 WIB
X