Normalisasi Batang Lampasi Rampung 80 Persen

- Senin, 7 September 2015 | 19:03 WIB

Selain itu katanya, dikerjakan juga no­r­malisasi Batang Sikali di Sicincin Paya­kumbuh Timur. Batang Sikali ini setiap musim hujan tiba selalu mengalami banjir, tak mampu menampung debit air yang tinggi. Saat ini volume pekerjaannya sudah men­capai 85 persen rampung.  Proyek nor­malisasi itu dibiayai APBD Sumbar total Rp1,88 miliar lebih.

Dikatakan, tahun ini batang Pulau juga mendapatkan dana normalisasi sungai di Parak Jua. Batang pulau sudah lama menjadi lang­ganan banjir, namun setelah normalisasi sungai pembuang air batang pulau dilakukan tahun lalu, maka dampak banjir di lokasi tersebut, mulai berkurang. Masyarakat sangat berterima kasih setelah dilakukan pekerjaan normalisasi sungai itu.

Menurut dia, untuk kelancaran aliran air ke sawah masyarakat di Payakumbuh Barat dan Payakumbuh Utara, juga diperbaiki aliran Batang Lampasi dengan dana Rp2,7 miliar. Mudahan mudahan proyek irigasi Batang Lampasi ini rampung sesuai dengan rencana. Namun saat ini sudah selesai dikerjakan kontraktornya sekitar 80 persen.

“Disamping itu dilakukan pemeliharaan 7 buah sungai satu paket, pemeliharaan jaringan irigasi pada 25 daerah irigasi swakelola. Penggantian tanah/tanaman untuk normalisasi sungai satu paket, serta rehab/pemeliharaan bantalan dan tanggul sungai satu paket,” ulasnya. (h/zkf)

Editor: Administrator

Terkini

Buruan, Pendaftaran Calon Uda Uni Solsel Sudah Buka

Jumat, 24 September 2021 | 19:12 WIB

Camat di Padang Pariaman Diminta Tingkatkan PRDB

Jumat, 24 September 2021 | 12:12 WIB
X