KPU Miliki 20 Hari Perbaiki Data Pemilih

- Kamis, 10 September 2015 | 18:50 WIB

"Kemudian Dapil tiga Kecamatan Sutera dan Lengayang, Dapil empat Ranah Pesisir dan Linggo Saribaganti serta Dapil lima eks Pancung Soal," katanya.

Disebutkan Lili Suarni, jumlah pemilih pada DPS 311 ribu lebih  merupakan hasil Pleno KPU Pessel. Dalam peluncuran ini juga dilakukan uji petik pemilih di Sistem Daftar Pemilih KPU.

"Selanjutnya, untuk perbaikan DPS tersebut PPK, PPS dan petugas di lapangan memiliki waktu selama 20 hari semenjak DPS dilaunching. PPS juga akan lakukan uji petik data pemilih," ungkapnya.

Menurutnya, petugas, walinagari dan masyarakat harus bekerjasama me­mas­tikan ada atau tidaknya warga yang sudah punya hak memilih di DPS. Jika ada yang belum terdaftar maka segera laporkan ke petugas validasi data pemilih menjelang ditetapkannya daftar pemilih tetap (DPT) yang rencananya akan di plenokan KPU 2 Oktober depan.

Ditambahkannya, kegiatan peluncuran DPS bertujuan untuk memberitahu pe­nyelenggara dan warga tentang data pemilih. Sementara, kegiatan tersebut se­lain mengundang para camat, walinagari, tokoh masyarakat juga mengundang tim pemenangan pasangan calon supaya ada masukan dari mereka terhadap daftar pemilih.

Berdasarkan pantauan Haluan di UDKP Sutera, tidak tampak satupun tim pemenangan. Sepertinya tim pe­me­nangan tidak tertarik untuk urusan data pemilih tersebut, meskipun ke­ha­di­rannya penting. Bangku yang disiapkan panitia hanya diisi PPK, PPS dan wa­linagari.

Pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan maju tersrsebut adalah pasangan Hendrajoni-Rusma Yul Anwar, Alirman Sori -Raswin dan pasangan Editiawarman-Bakri Bakar dan Bur­hanuddin-Novril Anas. (h/har)

Editor: Administrator

Terkini

Pemkab Pasbar Dukung Pembangunan Rumah Bersubsidi

Sabtu, 25 September 2021 | 18:40 WIB

Ratusan Ibu-ibu di Solok Dapat Bantuan Hortikultura

Sabtu, 25 September 2021 | 17:55 WIB

Sumbar Siapkan Dana Pendamping untuk Dua TPA

Sabtu, 25 September 2021 | 14:33 WIB
X