Sekolah di Kabupaten Solok Diliburkan

- Rabu, 30 September 2015 | 20:35 WIB

“Kita sudah instruksikan kepada Dinas Pendidikan untuk meliburkan sekolah yang berada di daerah ter­parah terkena kabut asap ini,” kata Pj. Bupati Solok, Devi Kurnia kepada Haluan di Arosuka, Rabu (30/9).

Devi menyebutkan, se­jauh ini pihaknya memang belum meliburkan seluruh sekolah, karena kondisi  dan tingkat ketebalan kabut di masing-masing daerah ber­beda. “Kondisi kabut asap di tiap daerah tidak sama, ma­kanya kita belum mel­i­bur­kan seluruh se­kolah,” be­bernya.

Devi juga belum bisa me­mastikan sampai kapan se­kolah akan diliburkan. Se­mua katanya, tergantung kepada kondisi cuaca dan indeks pencemaran setiap harinya. Karena kondisi udara di Kabupaten Solok setiap harinya fluktuatif dan berubah-ubah setiap saat. “Belum bisa dipastikan, karena bisa saja besok kon­disinya berubah, apakah akan semakin parah atau semakin baik,” katanya.

Kepala BPBD Ka­bu­pa­ten Solok, Abdul Ma­nan menyebut, dari data indeks kualitas udara (PM10) di daerah Kabupaten Solok, pada pagi harinya berada pada angka 354. Sementara pada siangnya kembali turun pada angka 291. Dalam ar­tian, kondisi ini masih be­rada pada tataran kualitas tidak sehat.

Ancam Kelancaran TdS

Bencana kabut asap kiri­man di Kabupaten Solok, juga mulai mengancam ke­lan­caran ivent Tour de Sing­karak (TdS) 2015. Pemkab Solok selaku panitia lokal, sejauh ini juga belum bisa memastikan apakah akan ada perubahan agenda pe­laksanaan ivent tersebut.

“Secara teknis kabut asap memang mengganggu kese­ha­tan. Namun terkait pe­lak­sanaan TdS, secara teknis itu kewenangan panitia nasional dan akan ada technical mee­ting,” ujar Pj. Bupati Solok, Devi Kurnia kemarin.

Terkait pengamanan TdS, Pemkab Solok bakal menyiagakan sebanyak 756 personil dari gabungan lin­tas instansi. “Sementara untuk tenaga kesehatan sudah ada prosedur tetapnya dari pani­tia pusat. Namun kita tetap akan menyiagakan dua unit ambulance, serta seluruh Puskesmas yang akan dilalui oleh pebalap nantinya,” kata­nya seraya menyebut, jika pada TdS 2015 ini, Kab. Solok dipercaya menjadi tuan rumah finish etape II, pada Minggu 4 Oktober.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Bupati Agam: Masjid Nurul Islam Jadi Cahaya Masyarakat

Kamis, 23 September 2021 | 14:12 WIB
X