Kapolda: Razia PETI Sesuai Prosedur

- Selasa, 27 Oktober 2015 | 20:11 WIB

“Petugas telah berteriak apakah ada orang di dalam, tapi tidak ada jawaban, lalu petugas membakar lokasi. Setelah tim kembali dari lapangan, dapat informasi ada yang meninggal di dalam lubang itu, kurang lebih kedalamannya sekitar 50 meter. Itu menurut la­porannya. Diduga karena kehabisan oksigen Ia me­ninggal dunia. Tapi itu masih dalam tahap proses,” lanjut Kapolda.

Ia menegaskan, pihak ke­polisian tetap akan menertibkan PETI ini karena membahayakan dan merusak lingkungan.

“Tidak ada perbuatan ilegal yang membuat kita mundur, harus kita lawan,” kata Kapolda Sumbar saat berada di Kota Bukittinggi, Selasa (27/10).

Kapolda menjelaskan, ada­nya jenazah yang diusung para pen­demo ke Rumah Dimah Dinas Bupati Dharmasraya bukan ka­rena terbakar. “Faktanya, kondisi jenazah masih utuh. Kalau ter­bakar berarti kan ada luka bakar. Inikan tidak. Saya telah minta untuk divisum, dan sekarang tengah menjalani proses visum,” tutur Sri Herwanto.

Kapolda juga menyebutkan, tak ada kerusakan di Rumah Dinas Bupati Dharmasraya ter­kait banyaknya massa yang men­datangi rumah dinas itu.

“Kalau ada kerusakan, kami akan melakukan tindakan tegas. Tapi, tidak ada kerusakan rumah dinas bupati dalam kejadian ini,” ujar Kapolda. Kapolda Sumbar juga meng­klaim, kondisi di Dhar­ma­sra­ya saat ini telah aman dan kondusif.

Menurutnya, peristiwa ini harus dijadikan proses pem­belajaran bagi para pelaku illegal mining untuk tidak melakukan hal seperti itu lagi.

Kapolda berharap, ma­sya­rakat mendukung pemda dan aparat keamanan dalam mem­berantas illegal mining, karena menurut Kapolda, penambangan liar itu sangat berdampak kepada lingkungan yang sangat luar biasa.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

181 KPM Terima BLT di Nagari Campago Padang Pariaman

Selasa, 26 Oktober 2021 | 13:47 WIB

Pemkab Pessel Salurkan Bantuan Pada Janda Lansia

Selasa, 26 Oktober 2021 | 13:10 WIB

Wabup Padang Pariaman Buka Rakor Gabungan GOW dan OPD

Senin, 25 Oktober 2021 | 22:50 WIB

Dua Pasien Covid-19 Agam Dilaporkan Sembuh

Senin, 25 Oktober 2021 | 19:10 WIB

Fadil dan Putri Jadi Uda-Uni Kota Padang Panjang 2021

Senin, 25 Oktober 2021 | 18:10 WIB
X