Akses Sumbar-Riau Lumpuh Lagi

- Jumat, 8 Januari 2016 | 03:37 WIB

Laporan wartawan Haluan di Limapuluh Kota menyebutkan, longsor yang terjadi Kamis (7/1) itu terjadi sekitar 2 Km dari titik longsor yang terjadi sehari sebe­lumnya di Nagari Koto Alam. Hal ini menyebabkan  kemacetan pan­jang kendaraan di jalan nasional tersebut kembali terjadi.

Setidaknya, sepanjang 30 meter jalan yang menghubungkan Sumbar-Riau tersebut tertimbun oleh mate­rial longsor. “Jarak dengan longsor yang kemarin hanya sekitar 2 kilo­meter,”terang Kepala BPBD Kabu­paten Limapuluh Kota, Nasriyanto.

Dijelaskannya, tanah longsor yang terjadi pada Kamis (7/1) sekitar pukul 14.30 WIB tersebut, menutup seluruh badan jalan. “Ak­ses jalan terputus. Arus lalulintas kembali macet,”ucapnya. Nasri­yanto yang turun ke lokasi longsor menuturkan,  terdapat timbunan tanah setinggi 2,5 meter di badan jalan.

Selain berlumpur, material longsor juga bercampur dengan kerikil kecil. “Jalan tidak bisa dilalui,”ucapnya.

Untuk mengantispasinya, pihak terkait mengerahkan dua unit alat berat untuk menyingkirkan ma­terial longsor dari badan jalan. Ia belum bisa memastikan, sampai kapan pembersihan material long­sor selesai di kerjakan. “Yang jelas kita upayakan secepat mungkin. Sehingga nantinya tidak terjadi macet panjang seperti hari ke­marin,”tukuknya.

Hingga pukul 18.00 Wib, akses jalan Sumbar-Riau masih lumpuh. Petugas BPBD serta Polres Lima­puluh Kota terus melakukan pem­bersihan badan jalan dari material longsor. Antrian panjang kendaraan dari Riau menuju Sumbar atau sebaliknya sudah mulai terjadi.

“Kami mengimbau juga, peng­guna jalan Sumbar-Riau  tetap berhati-hati. Apalagi curah hujan meningkat semenjak sepekan ter­akhir ini,”katanya.

Selain longsor, akibat hujan yang terjadi semenjak Rabu malam itu juga  menumbangkan 3 pohon besar secara terpisah, seperti di Kecamatan Harau, Koto Alam dan di Pangkalan Koto Baru. Begitu juga, sejumlah aliran sungai di Kabupaten Limapuluh Kota turut meluap. “Sampai saat ini, belum ada laporan korban jiwa,”katanya lagi.

Di Solok

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Ormas NU Solsel Gelar Konferensi Cabang 2021

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 00:09 WIB

Sinkron ke BPS, Nagari di Sumbar jadi Basis SID

Jumat, 22 Oktober 2021 | 15:30 WIB
X