IAIN Batusangkar Tempatkan Mahasiswa di Sekolah Unggul

- Senin, 1 Februari 2016 | 09:34 WIB

TANAH DATAR, HALUAN — Praktek Pendidikan La­pangan (PPL) dan Praktek Lapangan Konseling Pen­didikan Sekolah (PLKP-S) merupakan program wajib yang harus dijalankan oleh setiap mahasiswa jurusan Tarbiyah IAIN Ba­tu­sang­kar. Program PPL tersebut dilaksanakan mahasiswa program studi untuk Non-BK dan PLKP-S dilak­sana­kan oleh program studi BK dan pihak kampus akan menempatkan di beberapa kampus unggulan.

Kepala Laboratorium Tar­­biyah IAIN Ba­tu­sang­kar, Gustina kepada Hluan, Jumat (29/1) me­nga­takan, IAIN Batusangkar menar­get­­kan untuk PPL dan PL­KP-S tahap satu tahun ini, mahasiswa men­da­pat­kan pengalaman-penga­lam­an di lapangan untuk men­jadi tenaga pendidik profesional.

“Sebelum melak­sana­kan kegiatan praktek me­reka sudah dibekali dengan keilmuan melalui mata ku­liah-mata kuliah yang me­nun­jang kemampuan me­reka. Ini saatnya mereka menerapkan keilmuan se­masa perkuliahan dengan harapan bisa menjadi guru profesional,” ujar Gustina.

Lebih lanjut Gustina mengatakan, sejauh ini sta­ke­­holder atau sekolah-se­kolah mitra tempat ma­ha­siswa praktek menyambut baik kehadiran mahasiswa IAIN Batusangkar. Karena program praktek IAIN Ba­tu­sangkar berbeda dengan yang lainnya. Saat praktek, mahasiswa tidak hanya di­antar dan dibiarkan pulang sendiri, tapi diantar secara resmi.

“Kita punya jadwal su­pervisi bagi pembimbing lapangan 2 sampai 3 kali, dan menjemput kembali secara resmi, artinya ma­hasiswa kita antar dan kita lakukan pemantauan.

Se­hingga sekolah me­rasa IA­IN Batusangkar ti­dak hanya melepas ma­ha­siswa, tapi juga terlibat dalam pem­berian penga­laman langsung kepada ma­ha­siswa. Sekolah sebagai mitra utama kami libatkan dalam tim untuk membimbing mahasiswa,” ungkap Gustina.

Lebih lanjut dikatakan­nya, kegiatan praktek ini dilaksanakan selama 90 hari efektif, terhitung tiga seteng­ah bulan dengan libur. Pe­nem­­patan mahasiswa di sekolah-sekolah di ling­kungan Diknas dan Ke­menag se-Sumatera Barat secara bergilir, diantaranya Kota Padang, Padang Pan­jang, Payakumbuh, Sawah­lunto,  Agam dan Tanah Datar.  (h/fma)

 

 

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

X