Penyakit Pascabanjir Mengintai

- Rabu, 10 Februari 2016 | 16:12 WIB

LIMAPULUH KOTA, HALUAN—Pasca banjir di Nagari Pangkalan dan Gunuang Malintang, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Senin (8/2), tumpukan lumpur, pasir dan bebatuan memenuhi rumah masyarakat.

Kondisi yang kotor itu, menyebabkan masyarakat terdampak bencana banjir luapan Batang Manggilang, Batang Maek, Batang Samo dan Batang Kasok, Selasa (9/2), mulai merasakan gatal-gatal akibat terendam banjir.

Wabah penyakit pasca banjir seperti diare, muntahber dan penyakit kulit, menjadi kekhawatiran ribuan masyarakat Pangkalan terdampak banjir. Mereka juga butuhkan dokter dan tenaga medis serta obat-obatan untuk menjaga kesehatan mereka dari berbagai penyakit.

Selain itu, masakan siap saji seperti mi instan, nasi bungkus dan pakaian, juga sangat dibutuhkan ribuan masyarakat Nagari Pangkalan dan Gunuang Malintang.

 “Kami mendesak Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dan Pemprov Sumbar untuk segera memberikan bantuan berupa makanan siap saji dan tenaga dokter dan tenaga medis lainnya bersama obat-obatan karena masyarakat sudah mulai merasakan gatal-gatal,” kata Walinagari Pangkalan, Diswanto yang dihubungi Selasa.

Sementara itu, warga sudah mulai beraktivitas membersihkan rumah masing-masing dari tumpukan material longsor seperti lumpur. Kemudian masyarakat dibantu BPBD Damkar, menyiram lumpur yang memenuhi fasilitas umum seperti mesjid, Kantor Polsek, Puskesmas, dan sekolah.

Dia juga meminta pemerintah melakukan cek kesehatan secara gratis untuk masyarakat terdampak banjir. Sehingga sekitar 2.000 KK masyarakat Jorong Pasa Baru, Tigo Balai, Pauh Anok, Pasar Usang, Koto Panjang, Lakuak Gadang dan Lubuak Nago di Nagari Pangkalan, dapat mengetahui kondisi kesehatannya.

“Kita meminta pemerintah menyediakan layanan cek kesehatan gratis bagi masyarakat korban banjir," ulasnya.

Sementara Camat Pangkalan, Andri Yasmen mengungkapkan, masyarakat Nagari Pangkalan dan Gunuang Malintang sudah mulai merasakan gatal-gatal akibat dampak banjir.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Wabup Agam Jadi Narasumber dalam Raker IDI Agam

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 19:02 WIB
X