Perayaan Khatam Sungai Durian Dibanjiri Perantau

- Kamis, 11 Februari 2016 | 14:32 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN - Perayaan Khatam Quran di Kelurahan Sungai Durian, Kecamatan Latina, menjadi media pemersatu warga setempat dengan perantau. Pasalnya, puluhan perantau banyak yang pulang kampung menghadiri iven religi dua tahunan itu. Khatam berlangsung di Masjid Arru Hamah selama tiga hari dan berakhir Selasa (9/2).

Ketua panitia Khatam Quran, Haris Budiman menyebut, ada lima TPA/TPSA yang bergabung mengikuti khatam dengan total 112 peserta dari 300 murid pada kelima TPA di Sungai  Durian. Perayaan tahun ini cukup meriah dari tahun sebelumnya. Begitu juga hadiah  buat peserta yang nilainya jauh lebih tinggi seperti sepeda sport, meja belajar dan alat kebutuhan rumah tangga.

“Selain melombakan kemampuan peserta dalam baca Alquran, juga diuji kemampuan praktek salat fardhu, bacaan ayat pendek dalam salat serta bacaan doa setelah salat. Praktek ibadah itu sangat penting, karena akan memperlihatkan kepada orangtua, Bahwa putera-puteri mereka sudah mandiri dalam menunaikan ibadah salat,” ulasnya.

Menurut Haris, untuk putra, pemenang khatam diraih oleh Syarif Hidayat, Rahmadatul Farhan dan Alfi Yusri sebagai pembaca terbaik I/II/III. Sedangkan dibagian putri, Salsabila Alva Putri, Rima Angraini dan Awalul Maisyarah keluar sebagai pembaca terbaik urutan I/II/III.

Walikota Payakumbuh, H. Riza Falepi, Wakil Walikota, H. Suwandel Muchtar, Ketua DPRD, YB. Dt. Parmato Alam, Kepala Kantor Kementerian Agama, Asra Faber dan Camat Latina, David Buchari dan undangan lainnya ikut hadir dalam acara tersebut. Perayaan khatam ini juga diwarnai dengan parade peserta, yakni mengelilingi perkampungan Sungai Durian. (h/zkf)

 

 

Editor: Administrator

Terkini

Wabup Agam Jadi Narasumber dalam Raker IDI Agam

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 19:02 WIB
X