Usulan Pembangunan Jalan Tetap Dominan

- Kamis, 11 Februari 2016 | 16:55 WIB

PADANG PARIAMAN, HALUAN- Pembangunan dan peningkatan jalan,  masih menjadi usulan dominan masyarakat pada beberapa Musyawarah Rencana Pembangnan ( Musrenbang ) Nagari yang ada di Padang Pariaman.    Hal tersebut terlihat saat pelaksanaan beberapa Musrembang Nagari yang ada di  kabupaten Padang Pariaman.

        Sebagaimana  yang  diungkapkan  Walinagari Sikucur Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Alizar  kepada haluan, Rabu (10/2),  peningkatan dan pembangunan jalan merupakan usulan prioritas dan dominan di nagarinya. "Banyak ruas jalan yang diusulkan untuk segera ditingkatkan jadi jalan aspal," jelasnya.

        Jalan-jalan yang diusulkan itu meliputi, lanjutan pengaspalan jalan dari Kotohilalang menuju Durian Gadang. Pengaspalan jalan dari Simpang Baburai Sikucur menuju Kampung Tanjung Durian Dangka. Pengaspalan jalan dari Durian Dangka Sikucur menuju Talau Nagari Kudu Gantiang Kecamatan V Koto Timur. Lanjutan pengaspalan dari Pulau Air menuju Alahantabek. pengaspalan jalan dari Simpang Patai menuju Pematang Tinggi, serta beberapa ruas jalan lainya.     "Kebutuhan akan jalan masih menjadi promadona dalam usulan pada Musrembang di Sikucur," jelas Alizar.

        Menurut Alizar, banyak usulan peningkatan jalan, karena jalan yang baik sangat berdampak sekali pada peningkatan ekonomi pada jalan yang dilalui. Masyarakat  mengharpkan usulan hasil Musrenbang  Nagari  tersebut   tidak  hilang   dalam Mustrenbang  tingkat kabupaten. 

        Hal yang sama juga disampaikan Walinagari Gunung Padang Alai Kecamatan V Koto Timur, Buyung Aciak. Menurutnya, usulan pada Musrenbang nagarinya masih berkutat pada perbaikan dan peningkatan jalan. Umumnya jalan jalan yang ditingkatkan tersebut berada pada daerah Padang Alai Bagian Timur, yakni Batang Piaman serta Padang Alai bagian Barat yakni daerah Sialangan. "Dua daerah ini memang sangat membutuhkan perbaikan dan peningkatan jalan," jelasnya.       Alasan peningkatan jalan tersebut aku Buyung Aciak, disamping memperlancar arus transportasi juga untuk perbaikan ekonomi masyarakat. Karena menurutnya, dengan jalan yang baik akan mempermudah dan meringankan biaya transportasi hasil pertanian.(h/ded)

Editor: Administrator

Terkini

X