Suwandel Kembalikan Formulir Pendaftaran

- Sabtu, 26 Maret 2016 | 04:16 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN — Wawako Payakumbuh H. Suwandel Muchtar, me­ngem­balikan formulir pedaftaran dirtinya sebagai bakal calon (balon) Walikota Paya­kum­buh, periode 2017-2022, ke DPD Partai Nasdem dan ke DPC PDI-P. Kamis (24/3), dia juga mengambil formulir ke DPC Hanura.

Suwandel yang diantar puluhan pendukungnya saat mengembalikan formulir pen­­daftaran itu kemarin me­nga­takan, majunya dia sebagai Walikota tak lain untuk me­wu­judkan Kota Payakumbuh yang maju, mandiri, dinamis dan sejahtera, dengan masya­rakat yang berpendidikan dan berakhlaktul karimah.

Dikatakan, pembangunan pendidikan diarahkan untuk menghasilkan insan Indo­nesia yang cerdas dan kom­petitif melalui peningkatan ketersediaan, keterjangkauan, kualitas dan relevansi, kese­taraan dan kepastian untuk memperoleh pendidikan. Se­bab untuk memajukan sektor pendidikan itu mengu­ta­ma­kan penguatan mata rantai terlemah dan pemenuhan standar pelayanan. Hal ini akan dilakukan di setiap jen­jang pendidikan.

Menurut dia, mata rantai terlemah dalam peningkatan akses dan mutu pendidikan, misalnya PAUD adalah meng­ge­rakkan partisipasi publik, perluasan jangkauan layanan PAUD, penguatan kelem­ba­gaan PAUD, penyediaan dan peningkatan kualitas PTK PAUD dan peningkatan kese­jahteraan PAUD.

Untuk penuntasan pen­di­di­kan dasar sembilan tahun, sa­saran akan difokuskan pada se­mua anak usia 7-15 tahun. Di­gratiskan pendidikan dasar dan layanan pendidikan dasar se­suai standar pelayanan mini­mum.

Peningkatan akses dan kualitas pendidikan mene­ngah umum dan relevansi pendidikan vokasi (SMK dan Politeknik) difokuskan pada peningkatan akses Dikmen, peningkatan akses dan daya saing Dikti, penyediaan bea­siswa bagi calon mahasiswa miskin berprestasi, pem­ba­ngu­nan perguruan tinggi atau politeknik baru, percepatan sertifikasi dosen, pengem­ba­ngan rumah sakit, pendidikan dan lain-lain.

Suwandel Mukhtar me­nga­ku telah berpengalaman ketika dipercaya menjadi Kabiro Unand Padang, dan diamanahkan sebagai Wakil Walikota periode 2012-2017. “Saya memberanikan maju sebagai balon Walikota de­ngan beberapa program, uta­ma­nya pendidikan dan akan meningkatan kualitas pendi­dik dan tenaga kepen­didi­kan,” ulasnya. (h/zkf)

Editor: Administrator

Terkini

RSUD Achmad Darwis Tambah Ruang Operasi Covid-19

Jumat, 23 Juli 2021 | 18:05 WIB

Ketua Pengadilan Agama Padang Panjang Berganti

Jumat, 23 Juli 2021 | 15:49 WIB

Selamat! Pemkab Agam Raih Penghargaan KPAI 2021

Kamis, 22 Juli 2021 | 22:30 WIB
X