Aping Parak Jadikan Muaro Kawasan Terpadu

- Selasa, 29 Maret 2016 | 13:12 WIB

PAINAN, HALUAN — Pemerintah Nagari Amping Parak jadikan kawasan muaro dan pantai sebagai kawasan terpadu. Berbagai ke­giatan yang berhubungan dengan ekonomi, pendidikan dan pari­wisata dapat dilaksanakan di sini.

Pjs Walinagari Amping Parak Habil Rivai Senin (28/3) me­nyebutkan, kawasan terpadu ini telah masuk dalam RPJM Nagari Amping Parak. Pada kawasan itu kini telah ditumbuhi 3300 cemara laut dan 35000 mangrove.

Dia menyebutkan, potensi ka­wasan muara di Amping Parak, Kecamatan Sutera hingga kini me­mang belum tergarap maksimal. Padahal kawasan muara yang me­nyerupai danau itu memiliki potensi besar untuk pengembangan ikan budidaya dan pariwisata pantai. “Semenjak adanya proyek penahan ombak di pintu masuk muara, praktis mengakibatkan kawasan bagian utara muara berubah menjadi semacam danau. Air laut tidak lagi masuk ke kawasan itu, dan airnya tenang,” katanya.

Disebutkannya, Muara Am­ping Parak semenjak itu belum digarap untuk keperluan pe­reko­nomian warga secara kon­ven­sional. Warga hanya me­man­faat­kan ikan yang hidup liar disana tanpa adanya pembinaan. “Kami berharap pemerintah kabupaten memberikan pencerahan dan so­lusi terkait pengembangan kawa­san Muara Amping Parak. Mi­salnya memfasilitasi warga setem­pat untuk mendapatkan ilmu meng­gali serta memanfaatkan potensi dan pembiayaan pem­bangunan,” katanya.

Saat ini menurutnya, memang telah ada kelompok petani ikan yang membuat keramba. Namun harus ada peningkatannya,paling tidak menambah jumlah keramba dan jenis ikan yang di budidayakan.

Selain perikanan, di sisi barat muara, pasirnya yang indah juga memiliki potensi besar untuk di­kem­­bangkan menjadi objek wisata. Pasirnya luas dan halus, jadi sangat bagus untuk dikembangkan. “Ken­dala pengembangan pariwisata disini adalah tidak adanya akses jalan kelokasi, termasuk sarana penye­berangan dari sisi timur muara kesisi baratnya,” katanya. (h/har)

 

Editor: Administrator

Terkini

Pertashop Kini Hadir di Pesantren Sijunjung

Jumat, 23 Juli 2021 | 23:30 WIB

RSUD Achmad Darwis Tambah Ruang Operasi Covid-19

Jumat, 23 Juli 2021 | 18:05 WIB

Ketua Pengadilan Agama Padang Panjang Berganti

Jumat, 23 Juli 2021 | 15:49 WIB
X