65 Rumah Terendam Banjir di Pasaman

Administrator
- Selasa, 12 April 2016 | 03:34 WIB

PASAMAN, HALUAN — Satu dari 65 unit rumah warga terendam banjir setinggi hampir satu meter di Jorong Lundar Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman mengalami rusak berat, Senin (11/4).

Rumah semi permanen milik Azwir itu, berdinding papan beratap seng, roboh dihantam banjir.  Begitu juga rumah Nirman (62), lantai rumahnya ambruk. Lokasi ini adalah bekas banjir ban­dang pada Februari lalu.

Sekretaris Taruna Siaga Bencana (Tagana) Pasaman, Novia Indra yang berada di lokasi banjir, menyebutkan, air setinggi 90 centimeter di merendam rumah warga.

Korban banjir sejak te­ngah malam kemarin masih mengungsi di tempat yang aman. Banjir terjadi akibat meluapnya batang Lundar dan dipicu dengan jebolnya tanggul penahan air.

Kini, pasar dan per­kam­pungan Lundar di­penuhi lumpur dan potongan kayu sebesar batang kelapa.

“Kita saat ini membantu korban banjir di lapangan, mulai dari pendataan dan mengangkat barang-barang warga ke tempat yang aman,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Jorong Lundar, Imron (34) menyebutkan, banjir ini terjadi pada Minggu malam. Kampung Lundar dan se­kitarnya diguyur hujan lebat.

“Dapur warga terendam, dan kini warga juga di­sibukan membersihkan rumahnya. Akses air bersih kembali sulit kami dapatkan, kalau ada bantuan air bersih dan ma­kanan siap saji, maka warga kami sangat membu­tuhkan­nya,” jelasnya.

 Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Pasaman, Elvi Wardi menyebutkan, banjir ini terjadi sekitar pukul 20.00 WIB.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

TP-PKK Agam Studi Komparatif ke Jambi

Selasa, 7 Desember 2021 | 20:56 WIB

Ketua PKK Kota Pariaman Serahkan Insentif Dasawisma

Selasa, 7 Desember 2021 | 17:45 WIB

Bupati Agam: LGBT Ancaman Bagi Generasi Harapan Bangsa

Selasa, 7 Desember 2021 | 15:02 WIB
X