Pasca Banjir, Warga Bangun Jembatan Darurat

Administrator
- Kamis, 14 April 2016 | 11:23 WIB

PAINAN, HALUAN — War­ga Kam­pung Kambang Ha­ra­pan Nagari Kambang Uta­ra Kecamatan Lenga­yang yang sempat teri­solasi akibat jembatan putus aki­bat banjir mem­buat jemba­tan darurat. Rabu (13/4), warga setempat gotong ro­yong mem­buat jembatan darurat dari pohon pinang dan kelapa. Sementara roda ekonomi mulai bergerak.

Iyal (45) Kepala Kam­pung Kam­bang Harapan mengatakan, jembatan yang ha­nyut oleh banjir akibat hu­jan deras yang mengguyur se­menjak Senin (11/4) hing­ga Selasa itu meru­pakan sa­rana vital bagi warga se­tem­­pat. Oleh sebab itu, harus dibangun jembatan alter­natif. “Alham­dulillah berkat kerjasama warga jembatan darurat berhasil dibuat. Kawasan ini meru­pakan sentra perkebunan sawit dan jalur ini satu-satunya akses keluar pe­ngangkutan hasil panen,” katanya.

Selanjutnya, Jhonni M Nas­ser (34) warga Kambang Ha­rapan me­nga­takan, jem­ba­tan putus Selasa pagi. Se­luruh badan jembatan hi­lang diter­jang banjir. Pu­lu­han KK yang bermu­kim di sa­na tidak dapat ke luar kam­pung aki­bat tidak ada al­ternatif lain “Kami me­mang tidak me­nyak­­sikan pro­ses hilangnya jembatan, na­mun saat keja­dian ter­de­ngar bunyi gemu­ruh. War­­ga ti­dak dapat ke­luar kampung pas­ca putus­nya jembatan,” ka­tanya.

Dikatakannya, dengan adanya jem­batan alternatif setidaknya ekono­mi warga kembali bergerak.

Terpisah Ketua BPBD Pessel Pri­nurdin mengi­ngatkan, warga yang tinggal di DAS untuk berhati-hati. “ Sekarang musim peng­hujan, maka warga diimbau untuk berhati hati,” katanya.

Cuaca menurutnya sa­ngat berpo­tensi menim­bulkan banjir. “Terutama warga yang bermukim di­daerah rawan banjir. Selain itu juga perlu waspadai ka­wa­san yang rawan long­sor. Biasanya curah hujan tinggi tidak hanya dapat me­nim­bulkan banjir akan tetapi juga berpotensi menim­bul­kan longsor,” katanya.

Disebutkannya kawasan ra­wan longsor berada di Ba­yang Utara. Diantaranya Na­gari Limau Gadang, Pan­cuang Taba, Muara Air dan Ko­to Ranah serta Puluik Pu­luik. Lalu jalanan yang per­lu diwaspadai rawan long­sor adalah Bukit Pulai, Te­ratak, dan Siguntur. (h/har)

 

Editor: Administrator

Terkini

Perguruan Thawalib Peringati Hari Disabilitas

Sabtu, 4 Desember 2021 | 12:44 WIB

Gubernur Sumbar Resmikan Surau Al-Ikhlas Taluak Agam

Sabtu, 4 Desember 2021 | 09:32 WIB

IKAD Pesisir Selatan Sambut Hangat PIWR Dharmasraya

Jumat, 3 Desember 2021 | 17:05 WIB

Edi Busti Resmi Jabat Sekda Agam

Jumat, 3 Desember 2021 | 15:20 WIB
X