Potang Balimau Pangkalan Bakal Dihadiri Tiga Menteri

- Sabtu, 16 April 2016 | 04:48 WIB

LIMAPULUH KOTA — Tra­disi ‘Potang Balimau’ dan yang digelar setiap tahun di Nagari Pangkalan, Kecamatan Pang­kalan Koto Baru, dipastikan makin semarak pada tahun ini. Pesta rakyat yang dilaksanakan guna menyambut bulan suci Ramadan tersebut kini tengah dirancang secara apik. Pihak panitia berencana mengundang tiga menteri.

Rapat pembentukan pa­nitia Potang Balimau yang di­ikuti puluhan tokoh masyarakat dan niniak mamak Nagari Pang­kalan itu, dipimpin lansung Wakil Bupati Ferizal Ridwan. Dalam rapat tersebut, Wabup yang akrab disapa Buya Feri, langsung ditunjuk oleh para tokoh Nagari Pangkalan, sebagai ketua umum untuk pelaksanaan acara.    

“Seyogyanya tradisi dan sejarah daerah ini, seperti Potang Balimau dimasukkan menjadi salah satu materi dalam pelajaran muatan lokal di sekolah-sekolah. Supaya kalangan pelajar mengetahui, apa saja tradisi dan sejarah yang ada di daerah kita,” kata Wabup Ferizal Ridwan, saat rapat pembentukan panitia Potang Balimau di Nagari Pangkalan, Kamis (14/4).

Dijadikannya Potang Ba­limau sebagai materi muatan lokal, katanya, secara tidak langsung akan menjadi sebuah proses transfer ilmu sejarah terhadap generasi penerus di daerah. Ferizal juga meminta, panitia pelaksana Potang Balimau yang akan digelar pertengahan Mei 2016 men­datang, dapat melibatkan seluruh unsur masyarakat.

Mulai dari tokoh-tokoh adat, seni dan budaya seperti niniak mamak, cadiak pandai serta unsur pemuda hingga anak nagari. “Selain itu, kita juga akan mengirim undangan ke tokoh-tokoh budayawan serta tiga menteri, diantaranya, Menko Pemuda dan Olahraga, Menko Pariwisata dan Menko Polhukam,” tukasnya. (h/zkf)

Editor: Administrator

Terkini

Tiga Nama Mencuat Jabat Sekdakab Solok Selatan

Rabu, 4 Agustus 2021 | 23:29 WIB
X