Wapres Yakin Songket Silungkang Dorong Perekonomian

Administrator
- Jumat, 22 April 2016 | 04:47 WIB

JAKARTA, HALUAN —Selain mempertahankan budaya dan warisan nenek moyang, kera­jinan tenun songket Silung­kang, diyakini mampu menjadi penopang sekaligus menum­buhkan perekonomian masya­rakat Sawahlunto ke depan.

Hal itu diungkapkan Wakil Presiden Jusuf Kalla, ketika mengunjungi stand kerajinan Pemerintah Kota Sawahlunto, dalam ajang International Han­dicraft Trade Fair (Inacraft) 2016, yang merupakan ajang pro­mosi produk kerajinan berskala internasional, Rabu (20/4).

“Apalagi Sawahlunto te­ngah menuju kota wisata uta­ma, tenun songket Silungkang ini akan menjadi penyanding wisata dan buah tangan bagi wisatawan yang berkunjung,” ujar Wapres Jusuf Kalla kepada Wa­likota Sawahlunto, Ali Yusuf.

Sumando urang minang itu mengatakan, Inacraft 2016 menjadi ajang terbaik bagi kerajinan tenun songket Si­lungkang, untuk semakin mem­perlebar promosi pema­saran songket Silungkang, baik di level nasional maupun in­ternasional.

Mantan Ketua DPP Partai Golkar yang datang bersama sang istri Mufidah Jusuf Kalla itu, juga mengingatkan agar pengerajin tenun songket Si­lungkang, selalu menjaga mutu dan kualitas songket Silungkang.

Hal itu demi memperta­hankan kepercayaan konsu­men maupun pencinta songket Si­lungkang sendiri. Semakin baik mutu dan kualitas keraji­nan, tenun songket Silungkang akan semakin diburu konsumen.

Wapres juga mendoakan, semoga pada Inacraft 2016, kerajinan Sawahlunto semakin terkenal dan menghasilkan transaksi kontak dagang yang memuaskan, dan pere­kono­mian masyarakat Sawahlunto semakin meningkat

Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf, di hadapan Wapres me­ngungkapkan, Pemerintah Sa­wah­lunto terus berupaya me­ngembangkan kerajinan tenun yang telah ada semenjak lebih dari seratus tahun lalu itu.

Pemerintah Sawahlunto me­mang terus mengembangkan kerajinan tenun songket Silung­kang, dengan memberikan pela­tihan terhadap masyarakat yang mau mendalami kerajinan ber­bahan baku benang itu.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Perguruan Thawalib Peringati Hari Disabilitas

Sabtu, 4 Desember 2021 | 12:44 WIB

Gubernur Sumbar Resmikan Surau Al-Ikhlas Taluak Agam

Sabtu, 4 Desember 2021 | 09:32 WIB

IKAD Pesisir Selatan Sambut Hangat PIWR Dharmasraya

Jumat, 3 Desember 2021 | 17:05 WIB

Edi Busti Resmi Jabat Sekda Agam

Jumat, 3 Desember 2021 | 15:20 WIB
X