Malalak Bisa Jadi Sentra Penghasil Gurame

- Rabu, 3 Agustus 2016 | 11:04 WIB

AGAM, HALUAN — Wilayah Malalak, Kabupaten Agam, pada masa mendatang bisa menjadi penghasil ikan gurame utama di Kabupaten Agam. Hal tersebut tidak lepas dari ketersediaan air yang melimpah di wilayah itu, dan keinginan kuat anak nagari untuk menjadi penangkar dan pembudi daya ikan gurame.

Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Agam, Ermanto mengata­kan, Malalak memiliki potensi pengem­bangan ikan gurami, pengembangannya tengah dipersipakan. Air sebagai modal dasar, melimpah di kecamatan itu. Selain itu, masyarakat juga menginginkan hal tersebut.

“Karena ikan gurame bernilai jual tinggi. Di sisi lain, belum ada kecamatan lain yang mengembangkan usaha tersebut secara besar-besaran. Sementara budi daya ikan nila dan mas majalaya, karena usaha tersebut sudah berkembang di Kecamatan Tanjung Raya. Oleh sebab itu, pengem­bangan gurame dinilai strategis,” katanya.

Dikatakan Ermanto, untuk mendukung keinginan tersebut pihaknya membantu pengadaan induk ikan gurame tahun ini. Di Malalak, nantinya akan ada pembenihan ikan gurame, sekaligus usaha budi daya ikan tersebut. Mudah-mudahan apa yang telah diupayakan sekarang terus ber­kem­bang, sehingga memberikan dampak yang bagus bagi masyarakat dan pembudidaya.

Camat Malalak, Harmezi mengatakan, semula mereka hanya ingin menekuni usaha pembesaran ikan gurame. Namun, atas saran pihak DKP Agam, mereka dibantu induk ikan, sehingga mampu menjadi pembenih ikan gurame. Dengan demikian, kesulitan benih ikan gurame bisa diatasi.

“Keinginan anak Nagari Malalak untuk mengembangkan usaha perikanan gurame, sudah cukup tinggi. Namun, realisasinya terganjal ketiadaan benih ikan. Namun, dengan adanya uluran tangan dari Pemkab Agam melalui DKP Agam, kini warga sudah memiliki semangat yang lebih kuat,” jelasnya. (h/yat)

Editor: Administrator

Terkini

Rusunawa Painan Belum Mampu Tampung Pasien Covid-19 

Selasa, 3 Agustus 2021 | 23:47 WIB

Besok, Ada Potensi Gelombang 4 M di Wilayah Ini

Selasa, 3 Agustus 2021 | 19:50 WIB

Pemprov Sumbar Bantu Lab Unand Mesin Real Time PCR

Selasa, 3 Agustus 2021 | 13:43 WIB

Wabup Agam dan 350 ASN Jalani Vaksinasi Dosis Kedua

Senin, 2 Agustus 2021 | 23:41 WIB

Sumbar Menuju Nagari Tageh Bidang Hukum

Senin, 2 Agustus 2021 | 23:35 WIB

Keluarga Berperan Antisipasi Penyebaran Covid-19

Senin, 2 Agustus 2021 | 21:17 WIB
X