Mensos Khofifah Dukung Renovasi Makam M Yamin

- Jumat, 5 Agustus 2016 | 04:22 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Mentri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa  menyambut baik rencana dan pengajuan proposal pemerintah kota Sawahlunto terkait pembangunan tugu dan renovasi areal pemakaman Maha Putra Muhammad Yamin.Pembangunan tugu dan renovasi areal makam itu akan dikembangkan menjadi kawasan wisata religius.

“Kita bersama tim akan membahasnya dan mudah-mudahan di RAPBN 2017 rencana itu bisa dilaksana­kan,” ujar Mensos diselal ziarah ke makam Muham­mad Yamin di Talawi Sawah­lunto, Kamis (4/8).

Bagi Khofifah, Mr. Mu­ham­mad Yamin adalah pah­la­wan yang telah sangat ber­jasa kepada bangsa ini, bany­ak ide dan inspirasinya yang masih terus terpakai hingga saat ini, seperti rumusan Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, belum lagi se­but­­nya, perjuangan politik, karya sastra, hukum serta seni dan budaya yang telah mem­ber warna tersendiri bagi kemerdekaan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Keberadaan makam Ma­ha Putrra Muhammad Yamin lanjutnya, tentu akan mem­berikan nilai nilai yang tak terhingga bagi warga masya­rakat Sawahlunto dan Indo­nesia umumnya, yang ke­depannya akan senantiasa menjadi teladan dan inspirasi bagi generasi penerus bangsa. ”Hingga hari ini kita telah mendapat hasil dari per­juangan yang dilakukan putra terbaik Talawi Sawahlunto ini, tentu tidak berlebihan makam beliau akan di­re­no­vasi dan dikembangkan lagi, selain sebagai bentuk peng­harga­an pengembangannya juga akan bermanfaat bagi warga setempat termasuk untuk pelestarian sejarah Indonesia,” ungkapnya.

Walikota Sawahlunto Ali Yusuf menyebutkan, rencana pembangunan tugu serta renovasi pengembangan areal makam Muhammad Yamin telah diserahkan dalam ben­tuk proposal dengan kisaran dana sebesar Rp3,3 miliar. Untuk pembabuatan tugu pihaknya akan membangun patung Muhammad Yamin utuh yang berbahan dasar perunggu di areal masuk kawasan makam, termasuk seluruh areal makan juga akan dikembangkan yang juga disenergikan dengan keberadaan perpustakaan Muhammad Yamin.”Kita berharap dengan buk mentri yang langsung ber ziarah ke makam ini, rencana yang akan dilakukan bisa segera mungkin dilaksanakan di tahun 2017, apalagi buk mntri khofifah begitu antu­sias dengan bisa l;angsung datang ke Sawahlunto,” ung­kap Ali Yusuf.

Walikota ketujuh Sawah­lunto itu menilai, kehadiran tugu Muhammad Yamin dan renovasi makamnya akan dapat lebih menumbuhkan rasa kebangsaan dan nasio­nalis­me ditengah tengah ma­sya­rakat, sehingga kede­pan­nya bangsa ini lebih meng­hargai, mengenang jasa jasa para pahlawannya yang telah berjuang untuk memer­deka­kan Indonesia.” Hasil per­juang­an dan nilai kepah­la­wanan yang dimiliki seorang Muhammad Yamin sangat layak ditiru dan diteladani oleh generasasi penerus ban­g­sa,” pungkasnya. (h/mg-rki)

Editor: Administrator

Terkini

Riau Siap Bantu Kebutuhan Oksigen untuk Sumbar

Kamis, 29 Juli 2021 | 11:25 WIB
X