2,5 Ton Pupuk Bersubsidi Diamankan

- Jumat, 5 Agustus 2016 | 04:33 WIB

SOLOK, HALUAN — Sekitar 2,5 ton pupuk bersubsidi yang diduga ilegal  berhasil diamankan oleh Jajaran Sat Reskrim Polres Arosuka dari sebuah gudang di kawasan Jorong Bawah Duku, Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kamis (4/8).

Kapolres Arosuka Solok AKBP Reh Ngenana melalui Kasat Reskrim AKP Edwin kepada Haluan mengatakan, penggerebakan gudang pu­puk bersubsidi tanpa izin ini berawal dari laporan masya­rakat yang curiga terhadap aktifitas perdagangan pupuk dari gudang tanpa plang merek itu.

Penggerebekan gudang pupuk ini dilakukan sekitar pukul 12.00 WIB. Jajaran Sat Reskrim Polres Arosuka berhasil menemukan pulu­han  karung pupuk ber­sub­sidi yang diduga tanpa izin resmi, dijual eceran oleh pemilik gudang berinisial EK, 40, warga Jorong Bawah­duku, Nagari Kotobaru, Ke­ca­matan Kubung.

Berdasarkan laporan ter­se­but, pihaknya langsung bergerak dan juga mela­kukan pengintaian sekitar 1 minggu sebelum peng­gere­bakan. “Ternyata informasi masyarakat benar dan gu­dang tersebut memang tidak punya izin resmi dari Peme­rintah, makanya kita gere­bek,” sebut AKP Edwin.

Beberapa jenis pupuk bersubdi seberat 2,5 ton itu diantaranya, pupuk urea, SP-36, dan Phonska telah di­amankan petugas ke Ma­polres Arosuka Solok.

Sementara itu, dari pe­ngakuan Pemilik gudang EK, pihaknya telah menge­cerkan pupuk bersubsidi tersebut selama 2 Tahun. Namun, dia tidak tahu dari mana asal awal pupuk ter­se­but. Sebab, dia hanya mem­beli pupuk dari tukang ojek.

Terhadap itu, Pihak Sat Reskrim sendiri juga belum menetapkan pemilik gudang EK sebagai tersangka. “Ka­sus ini masih dalam tahap pengembangan. Untuk me­ne­tapkan pemilik gudang sebagai tersangka, kita perlu bukti menunggu saksi ahli,” ujar Kasat Reskrim Polres Arosuka menyudahi. (h/ndi)

Editor: Administrator

Terkini

Terus Diminati, Pelanggan Premium PLN Semakin Bertambah

Senin, 27 September 2021 | 19:40 WIB

3 Desa di Pariaman Terima DAK Program Sanitasi Rp1,2 M

Senin, 27 September 2021 | 16:00 WIB

14 Karya Budaya Sumbar Ditetapkan Sebagai WBTbI

Senin, 27 September 2021 | 13:45 WIB

Limbah Medis B3 dan TPA di Sumbar Mulai Penuh

Senin, 27 September 2021 | 12:33 WIB
X