Prestasi Ihsan dan Ade Membanggakan

- Selasa, 9 Agustus 2016 | 04:04 WIB

LIMAPULUH KOTA, HALUAN—Putra Ka­bu­paten Limapuluh Kota, Ih­san Nuzula (26), meraih predikat qari terbaik dewasa pria dalam Musabaqah Tila­watil Quran (MTQ) tingkat Nasional XXVI tahun 2016 di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Ihsan yang merupakan putra Limapuluh Kota itu, bersama rekannya Ade Setia­wan (34) meraih khaththath terbaik bagi Sumbar.

Prestasi membanggakan itu diumumkan jelang penu­tupan ajang dua tahunan tersebut oleh Menteri Aga­ma, Lukman Hakim Sai­fuddin, Sabtu (6/8) malam. Juara II dan III cabang Tilawah Alquran golongan dewasa ini, disabet H Awa­ludin (Kepulauan Riau) dan Fathulloh (Banten).

Kepala Bagian Kesra Setkab Limapuluh Kota, Karespi, mengaku bangga dengan capaian dua putera terbaik Limapuluh Kota itu yang mampu memper­sem­bahkan yang terbaik bagi Sumatera Barat.

“Kita bangga dan se­nang putera daerah ini mam­pu menjadi yang ter­baik dalam MTQ Nasional XXVI ini,” ujar Karespi.

Dikatakannya, prestasi di bidang tilawah sepertinya bukan hal baru bagi Ihsan Nuzula. Putera Nagari Sima­langgang Kecamatan Paya­kumbuh, ini sebelumnya juga pernah mewakili Su­matera Barat pada MTQ Nasional ke 24 di Ambon dan meraih juara 1 tilawah remaja dan MTQ Nasional ke 25 di Kota Batam.

Tak kalah membang­gakannya, Ihsan juga pernah mewakili Indonesia dalam MTQ Internasional di Ku­wait tahun 2013 dan me­rebut juara harapan 2. Selain itu, ia juga pernah menyabet juara tiga pada MTQ In­ternasional hasil seleksi tilawatil Quran Nasional di Bangka Belitung. Ihsan juga menorehkan prestasi se­bagai juara 3 pada MTQ Internasional tingkat remaja di Malaysia.

“Ihsan sudah belajar membaca Alquran sejak kecil. Bahkan sejak di tar­biyah (setingkat SLTP red), saya sudah ikut lomba. Per­tama kali tampil pada MTQ tingkat Sumbar ketika masih di tarbiyah tahun 2008,” papar Ihsan yang dihubungi terpisah.

Ia mengaku, untuk meng­hadapi MTQ tahun  ini, dia mempersiapkan diri dengan matang. Sebab, di­sadarinya lawan pasti hebat-hebat. (h/zkf)

Editor: Administrator

Terkini

Padang Panjang dan PDAM Komit Terapkan GCG

Kamis, 16 September 2021 | 11:20 WIB

5 Kabupaten di Sumbar Kecipratan Bantuan TMMD 2021

Kamis, 16 September 2021 | 10:30 WIB

Baru 4,5 Persen Remaja Sumbar Divaksin Dosis Pertama

Kamis, 16 September 2021 | 08:55 WIB

Tantangan Kependudukan Atas Fenomena 'Childfree'

Kamis, 16 September 2021 | 06:39 WIB
X