Bendungan Duku I Rusak Parah

- Jumat, 12 Agustus 2016 | 17:14 WIB

PADANG PARIAMAN, HALUAN  -- Bendungan Duku I Kampuang Balimbiang Nagari Pilubang Kecamacatan Sungai Lumau Kabupaten Padang Pariaman, kini rusak parah. Kerusakan ditandai sayap bendungan sudah patah dan bentangan dasar luncuran air meretak sepanjang lebar bendungan. Kondisi ini  jika tidak segera dapat perbaikan bisa-bisa bendungan jebol, ratusan hektar sawah sekitar bendungan arah hilir termasuk sekitar bendungan terancam jadi lahan terlantar.

Luas sawah arah ke hilir bendungan termasuk sekitar bendungan yang rusak mencapai 350 hektare dan sampai kini masih mengandalkan suplay air dari Bendungan Duku 1 Kampuang Balimbiang menyambung saluran irigasi pada kawasan pertanian padi di kenanagarian Campago Kecamatan V Koto Kampung Dalam.

Ketua P3A, Nagari Campago Barat M.Nasir.B, kepada Haluan Jumat (12/8),  mengatakan kerusakan bendungan  sekarang mulai berpengaruh kepada kebutuhan suplai air kepada petani ketika musim panas. Disebutkannya, akhir-akhir ini kondisi cuaca tidak menentu, kadang hujan lebat, kadang tidak, terlebih kalau terjadi hujan di hulu sungai, sering berdampak kepada ketinggian permukaan air di bendungan arusnyapun deras, sementara kondisi bendungan sudah meretak. Bendungan, dibangun dua tahap memanfaatkan dana PNPM-MP tahun 2008 dan 2009. Besaran dana PNPM yang dikucurkan untuk pembuatan bendungan ini , tahun 2008, Rp349 juta dan tahun 2009, Rp332 juta. “Kita berharap sebelum kerusakan bertambah parah dan bendongan jebol, dapatlah kerusakan itu menjadi perhatian pemerintah untuk perbaikan, itulah yang menjadi harapan bagi kami,” katanya. (h/tri)

Editor: Administrator

Terkini

Pemkab Pasbar Dukung Pembangunan Rumah Bersubsidi

Sabtu, 25 September 2021 | 18:40 WIB

Ratusan Ibu-ibu di Solok Dapat Bantuan Hortikultura

Sabtu, 25 September 2021 | 17:55 WIB

Sumbar Siapkan Dana Pendamping untuk Dua TPA

Sabtu, 25 September 2021 | 14:33 WIB
X