Bus ALS dan Truk Fuso Tabrakan

- Sabtu, 13 Agustus 2016 | 04:42 WIB

SIJUNJUNG, HALUAN —Puluhan Penumpang jurusan Medan-Jakarta terlantar akibat bus yang mereka tumpangi me­ngalami kecelakaan beruntun di jalan lintas Sumatera,  tepat­nya di Lubuk batu Kenagarian Pa­dang Sibusuk Kecamatan Ku­pitan, Kamis  malam. Akibat kejadian tersebut, bus menga­lami kerusakan parah di bagian depan dan dua truk fuso ber­muatan juga mengalami kerusa­kan di bagiann belakang. Berun­tung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan beruntun tersebut.

 Dari informasi yang di­pe­ro­leh dilapangan, kecelakaan beruntun tersebut terjadi ketika  dua truck fuso  dan satu unit bus ALS berjalan beriringan satu arah dengan jarak yang ber­dekatan satu sama lain. Saat melintasi di tempat kejadian pengemudi truk Fuso dengan nopol BE 9206 AQ yang berada di urutan pertama mengerem mendadak berusaha untuk me­ng­hindari kendaraan mo­bil avanza yang berhenti mendadak didepannya, kemudian truck kedua dengan nopol B 9433 E yang di­ke­mudi­kan oleh Irwan pun tak bisa me­na­han rem mobil temannya tersebut se­hingga mena­brak bagian belakang tru­ck fuso ter­sebut, kemu­dian Bus ALS dengan nopol BK 7545 DJ yang satu arah dengan kedua truck tersebut juga tak bisa menahan sehingga me­na­br­ak bagian be­la­kang fuso yang kedua, sehingga kaca depan Bus pecah dan me­n­ga­lami ke­rusakan berat.

“Akibat kejadian ter­sebut puluhan penumpang yang berada di dalam bus ALS yang hendak menuju Jakarta   terlantar,”  kata Kapolres Sijunjung AKBP Dodi Pribadi S.Ik, M.Si melalui Kasatlantas Polres Sijunjung AKP Alkadri Trijaya di­dam­pingi Kanit Laka Iptu Agus Sutrisno.  K

edua belah pihak sepakat untuk berdamai dan me­lanjut­kan perjalanan masing-masing. “ Kedua belah pihak telah ber­sepakat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut secara damai, dan bila ada salah satu pihak yang kurang senang de­ngan kesepakatan yang mereka buat, maka pihak yang merasa dirugikan agar melanjutkan kasus tersebut ke pengadilan, “ujarnya kepada wartawan, Jum’at (12/8).

Kapolres Sijunjung AKBP Dodi Pribadi juga menghimbau kepada para pengemudi ken­daraan yang melintasi jalan lintas sumatera agar berhati-hati dalam mengemudikan kendaraannya, tertuma ketika melihat jalanan lengang dan memacu dalam kecepatan tinggi, sebab salah-salah perhitungan bisa men­yebab­kan resiko kecelakaan yang tak menutup kemungkinan dapat melaukai diri sendiri maupun orang lain. “ Sebaiknya para pengemudi kendaraan yang melintas di jalan lintas Sumatera berhati-hati dalam memcu ken­daraannya di jalan raya, sebab slaah satu penyebab kecelakaan di jalan raya adalah adanya human error seperti mengantuk, lalai dan tidak memperhatikan kondisi jalan yang dilaluinya,” ujarnya. (h/ogi)

Editor: Administrator

Terkini

Riau Siap Bantu Kebutuhan Oksigen untuk Sumbar

Kamis, 29 Juli 2021 | 11:25 WIB
X