Pemkab Pasaman Jamin Kesehatan Masyarakat

Administrator
- Sabtu, 25 November 2017 | 04:17 WIB

PASAMAN, HALUAN - Kabar gembira bagi masyarakat Pasaman. Pasalnya, terhitung 2018 mendatang, seluruh masyarakat di daerah itu akan dijamin kesehatannya oleh Pemerintah Kabupaten setempat, melalui kepesertaan JKN KIS.

Hal itu dipastikan setelah Pemkab Pasaman menandatangani kesepakatan dengan pihak BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi untuk penyelenggaraan kepesertaan cakupan semesta atau Universal Health Coverage (UHC) JKN-KIS bagi penduduk di kabupaten itu, pada Juli 2017 lalu.

"Apa yang sudah kita rencanakan dulu, Desember tahun 2017, seluruh masyarakat Pasaman sudah masuk BPJS. Tapi, karena keterbatasan anggaran, rencana itu baru bisa kita realisasikan pada 2018 nanti," ujar Bupati Pasaman, Yusuf Lubis saat memimpin acara forum komunikasi tahap III dan forum kemitraan tahap II bersama pihak BPJS Kesehatan, Jumat (24/11).

Awalnya, kata dia, pihaknya bersama BPJS Kesehatan setempat menargetkan pada tahun ini juga (Desember), seluruh masyarakat Pasaman sudah dijamin kesehatannya melalui program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Pintar (JKN-KIS).

"Kita berencana, di APBD perubahan tahun anggaran 2018, itu bisa dianggarkan. TAPD ada disini, pak Sekda. Sehingga 2018, seluruh masyarakat Pasaman bisa dijamin kesehatannya melalui kepesertaan JKN KIS," tutur Yusuf Lubis.

Menurutnya, Universal Health Coverage merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative serta bermutu dengan biaya terjangkau.

"Dengan UHC, warga Pasaman akan mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang adil dan bermutu dan perlindungan resiko finansial warga menggunakan pelayanan kesehatan," ujarnya.

Pamerintah daerah, kata bupati, berkewajiban mendorong peningkatkan persentase penduduk untuk menjadi peserta jaminan kesehatan melalui Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Tahun ini, kata dia, sebanyak 74,86 persen penduduk Pasaman telah terdaftar sebagai peserta program JKN KIS.

"Dari data BPJS tadi, hingga per 17 November 2017, sebanyak 241.417 jiwa dari total 322.480 jiwa penduduk Pasaman telah menjadi peserta JKN KIS. Sisanya, sebanyak 81.063 jiwa lagi yang belum. Jumlah ini yang akan dijamin oleh pemda," tukasnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Pemko Pariaman Lakukan Pengamanan Aset Daerah

Sabtu, 21 Mei 2022 | 21:48 WIB

Volume Sampah Kota Pariaman Alami Peningkatan

Sabtu, 21 Mei 2022 | 18:17 WIB
X