KKI Warsi di Solsel, Bahas Energi Biogas

Administrator
- Kamis, 30 November 2017 | 10:45 WIB

SOLOK SELATAN, HALUAN – Mengenalkan energi ramah lingkungan, KKI Warsi Sumbar mengadakan diskusi yang membahas kajian strategis dari beberapa rekomendasi di Solok Selatan. Peserta diskusi dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu, Klinik Sawah Organik, Klinik Energi Baru Terbarukan, Klinik Produk Kelompok Perempuan, Klinik Ekowisata san Klinik Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM).

Tabrani, peserta dari Klinik Energi Baru Terbarukan, mengatakan, energi salah satu unsur yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, salah satunya yaitu biogas.

"Biogas merupakan energi alternatif bagi masarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mayarakat yang biasanya menggunakan kayu bakar untuk memasak, bisa ganti dengan energi biogas," kata Tabrani, Rabu (29/11).

Dengan demikian, masyarakat tidak lagi mengambil kayu dari hutan untuk mendapatkan energi, juga tidak terguntung dengan gas yang semakin hari semakin langka. Biogas ini berasal dari kotoran sapi, setelah dimanfaatkan untuk biogas, kotoran tersebut bisa dijadikan pupuk dan dimanfaatkan oleh petani.

"Ini sudah banyak dilaksanakan di nagari-nagari, ada dibeberapa nagari yang sudah merasakan manfaat biogas ini, juga ada yang sedang proses pemasalangan instalasi," ujarnya saat mempresentasikan hasil diskusi kelompok.

Sebagian pemerintah nagari menyambut baik kegiatan ini. Bahkan ada nagari telah menjadikan biogas program prioritas dari dana desa dalam pengembangan Teknologi Tepat Guna (TTG).

"Jadi, tindak lanjutnya akan bisa dibiayai oleh dana desa. Untuk pengelolaannya bisa juga ditangani oleh Bandan Usaha Milik Nagari (BUM-Nag)," terang Tabrani.

Sementara Davit Hidayat dari Klinik PHBM mengatakan, hutan adalah paru-paru dunia. Maraknya ilegal logging dan ilegal mining sangat berdampak terhadap hutan. Tidak hanya itu, ekosistemnya juga akan terganggu.

"Kerusakan hutan menyebabkan bencana alam, menjaga hutan merupakan tanggugjawab kita bersama demi kelestarian lingkungan, serta anak cucu dimasa akan datang," ujar Pemuda dari Nagari Sungai Pinang, Kecamatan Koto Sebelas Tarusan, Pesisir Selatan ini.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Bank Nagari Raih TOP BUMD 2022 dari Infobank

Kamis, 19 Mei 2022 | 21:19 WIB
X