Potang Balimau Tetap Membeludak

- Minggu, 5 Mei 2019 | 21:45 WIB

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Usai salat Ashar pada Minggu (5/5), ribuan warga berbondong-bondong mendatangi Nagari Pangkalan, Kecamatan Pangkalan Koto Baru. Kedatangan warga dari berbagai daerah tersebut hanya untuk menyaksikan tradisi alek anak Nagari Pangkalan, yaitu Potang Balimau.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, tradisi Potang Balimau di Pangkalan ini tetap menjadi tontonan ribuan masyarakat yang datang dari berbagai daerah,”ujar Rifdal Laksamono Walinagari Pangkalan pada Minggu (5/5) sore. Potang Balimau merupakan tradisi yang sudah turut-turun bagi warga Pangkalan. "Sebenarnya, Potang Balimau adalah ajang silaturahmi antar masyarakat dengan perantau untuk saling bermaaf-maafan sebelum bulan suci Ramadhan,"terangnya lagi.

Ajang Potang Balimau yang digelar tersebut, tidak jauh beda dari ajang-ajang sebelumnya. Yaitu diisi dengan kegiatan mandi-mandian disepanjang sungai Batang Maek serta diikuti dengan lomba pacu sampan. "Tahun ini Potang Balimau cukup ramai,"ucapnya.

Sementara Ketua Pelaksana Potang Balimau Dasriwan Datuak Bandaro menjelaskan, Potang Balimau tahun ini cukup meriah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Katanya, untuk penyambut Potang Balimau, panitia sudah menggelar berbagai kegiatan sejak dua bulan lalu. "Persiapan Potang Balimau ini, sudah jauh-jauh hari. Bahkan, dua bulan lalu sudah digelar berbagai kegiatan dengan kegiatan intinya adalah Potang Balimau,"ucap Dasriwan.

Sejumlah tokoh-tokoh besar, turut hadir menyemarakkan Potang Balimau di Pangkalan tersebut. Diantaranya kalangan pejabat di Sekdaprov Sumbar, Sekdakab Limapuluh Kota, calon anggota DPRD Sumbar peraup suara terbanyak di PAN yakni Dodi Delvi, sejumlah anggota DPRD Limapuluh Kota serta perantau sukses dari Pangkalan.

Dari pagi, warga mulai berdatangan ke Pangkalan. Puncak membeludaknya kedatangan warga, yaitu usai sholat Azhar atau beberapa menit sebelum dimulainya Potang Balimau. 

Meski kawasan Pangkalan sempat diguyur hujan, tetapi kondisi tersebut tidak menyurutkan niat warga untuk menyaksikan alek tahunan warga Nagari Pangkalan tersebut. Diperkirakan, ada 50ribu lebih warga menyaksikan Potang Balimau. Usai Magrib berkumandang, warga berangsur-angsur meninggalkan lokasi Potang Balimau di sungai Batang Maek, Pangkalan.

 

Reporter: Dadang

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

X