Bukittinggi Tuan Rumah HUT PMI ke-74

- Rabu, 18 September 2019 | 16:14 WIB

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Kota Bukittinggi dipercaya sebagai tuan rumah pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) ke-74,  tingkat Provinsi Sumbar tahun 2019,  yang berlangsung dari tanggal 20 hingga 22 September 2019.

HUT PMI ke- 74 tingkat Propinsi Sumbar yang diselenggarakan di kota wisata ini, merupakan untuk pertama kalinya diselenggarakan oleh PMI Provinsi Sumbar. Karna selama ini HUT PMI tingkat Propinsi Sumbar hanya diselenggarakan oleh pengurus PMI dimasing-masing kabupaten/kota. Dengan ditunjuknya Bukittinggi sebagai tuan rumah, tentu menjadi catatan sejarah tersendiri bagi PMI Bukittinggi.

Ketua PMI Bukittinggi H. Chairunnas, didampingi Ketua Panitia Pelaksana HUT PMI Dedi Fatria, Rabu (18/9)  mengatakan, berdasarkan surat dari PMI Provinsi Sumbar tanggal 15 Juli 2019, Bukittinggi ditunjuk sebagai tuan rumah pada HUT PMI, dengan tema "Kita Tangguh Indonesia Maju". Guna mensuskeskan HUT PMI tingkat Provinsi Sumbar ini, maka pengurus PMI Kota Bukittinggi telah melakukan pembahasan persiapan, termasuk membentuk kepanitiaannya.

HUT PMI ke- 74 kata Dedi Fatria, bakal dihadiri oleh utusan PMI kabupaten/kota se-Sumbar, yang  diperkirakan akan melibatkan lima ratus orang peserta. Rangkaian kegiatan  HUT PMI  diawali pada  Jumat (20/9), dengan kegiatan pembukaan  lomba PMI se- Sumbar yang  direncanakan akan dibuka oleh Walikota Bukittinggi. Adapun lomba yang akan digelar itu diantaranya adalah lomba PMR dan KSR, lomba On The Spot Photografi, Karya Tulis Ilmiah, Film Pendek, lomba Management Posko, Tandu darurat, Lomba melukis Tong Sampah, dan Whorkshop Film Pendek.

Pada Sabtu (21/9),  akan dilaksanakan apel akbar PMI se-Sumbar yang akan dipimpin langsung oleh Gubernur Sumbar. Kemudian dilanjutkan dengan parade PMI mulai dari kawasan Jam Gadang,  yang akan mengelilingi  pusat Kota Bukittinggi.  Sedangkan pada Minggu (22/9)  akan dilaksanakan jalan sehat yang akan melibatkan masyarakat se-Bukittinggi dan sekitarnya.

 "Untuk jalan sehat panitia telah menyiapkan lima ribu kupon peserta jalan sehat. Panitia juga telah menyiapkan  aneka door prize untuk dibagikan kepada peserta . Masih pada hari yang sama,  juga  akan dilaksanakan kegiatan bhakti sosial dan donor darah oleh masyarakat dan  seluruh peserta dari PMI se- Sumbar," ujar Dedi Fatria, yang juga selaku pengurus PMI Bidang Penanggulangan Bencana ini.

Menurutnya, panitia juga menargetkan selama kegiatan HUT PMI mendapatkan lima ratus kantong darah dari masyarakat/pendonor.  Setiap pendonor nantinya juga  akan mendapatkan souvenir dari panitia. Melalui kegiatan donor darah ini, diharapkan  dapat memberikan manfaat bagi pendonor  dan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Atas nama panitia pelaksana dan pengurus PMI Bukittinggi, kami mengucapkan terimakasi kepada Pemko Bukittinggi dan Pemerintah Provinsi Sumbar  yang telah mendukung penuh persiapan kegiatan HUT PMI ke 74 ini.  Kami juga mengaharapkan masyarakat Bukittinggi dapat terlibat langsung dalam kegiatan ini, baik itu  dalam kegiatan jalan sehat maupun  kegiatan  donor darah," harap Dedi Fatria.

Sementara itu Ketua PMI H.Chairunnas menyampaikan, ditunjuknya Bukittinggi sebagai tuan rumah, tentu menjadi suatu kebanggaan bagi pengurus PMI dan pemerintah daerah. Pengurus PMI Kota Bukitinggi menyampaikan ucapan terima kasih dan meapresiasi PMI Propinsi Sumbar yang telah memberikan kepercayaan kepada Bukittinggi sebagai tuan rumah.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Puluhan Kendaraan Terjaring Razia Gabungan Dishub Sumbar

Jumat, 17 September 2021 | 12:52 WIB

Kasus Harian Covid-19 di Agam Terus Melandai

Kamis, 16 September 2021 | 22:17 WIB
X