Duh, Kecewa Dengan Pemerintahan, Warga Bukit Barisan Lakukan Ini

- Selasa, 24 September 2019 | 20:41 WIB

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Minimnya perhatian Pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota terhadap perbaikan infrastruktur terutama akses jalan di Kecamatan Bukit Barisan seperti di Nagari Andiang dan Nagari Banja Loweh, sehingga warga setempat berinisiatif untuk memperbaikinya dengan dana sendiri.

Setidaknya, sudah 4 kilometer akses jalan utama yang membentang di dua nagari tersebut selesai diperbaiki. Tak hanya itu saja, akses jalan yang menghubungkan Nagari Andiang ke Nagari Banja Loweh dan dari Nagari Banja Loweh ke Nagari Koto Tangah juga diperlebar.

Awalnya hanya 3 meter, kini semakin lebar menjadi 6 meter. Perbaikan akses jalan oleh warga tersebut juga disupport penuh salah seorang pengusaha sukses asal Bukit Barisan. Yaitu Zamhar Pasma Budi.

"Kita prihatin dengan kondisi jalan. Kami sudah berulang kali meminta ke pemerintah daerah untuk segera memperbaiki jalan yang rusak. Tetapi tidak ada respon dari dinas terkait,"terang Zamhar Pasma Budi pada Selasa (24/9) siang di Banja Loweh.

Dampak dari kekecewaan tersebut, akhirnya warga sepakat untuk memperbaiki jalan dengan biaya pribadi. "Akses jalan kita cor beton dengan biaya pribadi,"ucap pengusaha yang bergerak pada bidang properti di Malaysia tersebut.

Bapak dua anak itu menerangkan, setidaknya sudah Rp 1,2 Miliar dana yang digunakan untuk perbaikan akses jalan di Bukit Barisan. Pengecoran jalan di "Mudiak" Limapuluh Kota, sudah dilakukan sejak 2018 lalu.

"Ini murni untuk kebaikan masyarakat. Tidak ada unsur politik apalagi ingin maju di Pilkada 2020. Jalan bagus, masyarakat bisa senang. Tetapi kalau dibiarkan jalan terus menerus rusak, sehingga mengancam keselamatan anak kemenakan dan warga di kampung," terangnya.

Tak hanya jalan utama yang cor beton dengan biaya sendiri, bahkan jalan ke gang rumah-rumah warga dan ke tempat ibadah serta akses jalan ke sarana umum lainnya turut di cor beton.

 

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Wabup Agam Jadi Narasumber dalam Raker IDI Agam

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 19:02 WIB
X